Dapatkan Perhatian Luar Biasa Dengan Presentasi Sempurna. Ikuti 6 Tips Ini Supaya Presentasi Kamu Sukses Besar

Please log in or register to like posts.
News

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata presentasi? Gugup? Cemas? Ribet? Susah? Faktanya, banyak sekali, lho, orang yang merasa tidak bisa bahkan takut jika diminta melakukan presentasi. Padahal, ini adalah hal yang bisa kamu latih.

Ini dia caranya supaya kamu bisa mendapatkan perhatian dari audience saat presentasi:

 

Persiapkan materi yang menarik

Source: thenextweb.com

Hindari untuk mengkopi teks walau hanya satu paragraf. Pointers, better! Tampilkan poin-poin yang menurut kamu penting. Beri hiasan atau gambar yang dapat mendukung poin yang kamu maksud.

 

Catat dan pelajari

Source: entrepreneur.com

Baik yang sudah mahir atau pemula, kamu membutuhkan hal ini. Buatlah catatan tentang apa yang ingin kamu presentasikan. Catat clue yang ingin kamu gunakan atau cerita yang akan kamu paparkan sebagai analogi. Catat pula poin penting isi dan penutup yang ingin kamu sampaikan.

 

Buang jauh basa-basi

Source: Youtube

Saat membuka presentasi, serang penonton dengan kalimat yang dapat membuat mereka terpukau. Jika biasanya kamu menggunakan “Selamat pagi kepada para bla bla bla…”, cobalah untuk membuka presentasi kamu dengan aksi panggung yang berbeda. Menari, berpuisi, menyanyi, bercerita, ini diperbolehkan. Namun, sesuaikan dengan konteks presentasi kamu, ya, sebab 5 menit pertama dari presentasi kamu akan sangat menentukan respon audience ke depannya.

 

Story telling is a must

Source: theodysseyonline.com

Tahu nggak, melakukan presentasi itu akan menjadi lebih mudah jika kita mempraktikkan sambil membayangkan bahwa kita sedang mendongeng. Berlatihlah untuk menceritakan isi presentasimu. Kamu bisa menggunakan pengalaman hidup kamu atau temanmu untuk membantu menjelaskan presentasi.

 

Datang In Time

Source: talentegg.ca

Supaya kamu bisa lebih tenang, datang lebih awal. Dengan demikian kamu bisa membuat tubuh dan pikiran kamu lebih relaks. Kamu juga sempat merapikan riasan dan pakaian kamu kalau kamu butuh. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari siapa saja orang yang akan mendengarkan presentasi kamu. Sehingga kamu bisa mempersiapkan materi lebih mantap dan tidak panik.

 

Percaya diri dan semangat

Source: authormedia.com

Salah satu kunci dari presentasi yang sukses adalah percaya diri. Jadilah dirimu sendiri tanpa meniru gaya presentas orang lain. Semakin original, kamu akan semakin dilihat orang sebab kamu unik. Sudah selesai? Jangan lupa untuk menutup presentasimu dengan semangat.

Cover: ethos3.com

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *