Kamu yang Suka Main Handphone Sebelum Tidur, Stop Sekarang Kalau Nggak Mau Bahaya Ini Mengintaimu

Please log in or register to like posts.
News

Siapa di antara Teman Zeru yang sebelum tidur memiliki kebiasaan mengecek semua social media? Mulai dari Instagram, masuk ke Line, membalas pesan di WhatsApp, posting mau tidur di Path, nge-like postingan di Twitter dan kembali lagi melihat Instagram sampai berjam-jam.

Sadar nggak sadar kalau kamu melakukan ini terus-menerus ada bahaya yang mengancam waktu tidurmu. Mulai dari nggak bisa tidur, depresi, kepikiran, bahkan patah hati. Ya, patah hati kalau ternyata gebetan kamu memposting foto  dia bersama pasangannya, ya kan? Ini yang harus kalian pahami:

 

Semakin lama main gadget, semakin sulit tidur nyenyak

Source: dreams.co.uk

Tidur merupakan kebutuhan yang utama untuk mengisi ulang kembali tenaga kita setelah seharian beraktivitas. Bisa kamu bayangkan jika tubuh kita tidak terisi full? Untuk esok harinya kamu bisa kelelahan. Ini juga akan mengganggu ritme tidur kamu, lho. Ujung-ujungnya bisa berdampak langsung pada kesehatan di masa pertumbuhan, khususnya kamu yang masih remaja.

Selain itu, smartphone juga memancarkan gelombang elektromagnetik yang tidak baik untuk kesehatan otak. Paparan sinarnya pun membuat kamu tak bisa tidur nyenyak dan sulit bangun di pagi hari. 


Apa yang menyebabkan jadi susah tidur nyenyak?

Source: theconversation.com

Jadi, ketika kita menggunakan smartphone dalam keadaan gelap sebelum tidur, tubuh kita akan memproduksi zat Melatonin. Blue light dari gadget kamu diketahui menjadi penyebab orang kesulitan tidur karena merangsang fotoreseptor bernama melanopsin. Melanopsin ditemukan dalam sel-sel ganglion retina yang bereaksi terhadap blue light. Akibatnya tubuh berhenti memproduksi melatonin.

Padahal, Melatonin berfungsi untuk berbagai proses fisiologis seperti ritme biologis, regulasi tekanan darah, onkogenesis, retina, reproduksi, ovarium, sistem kekebalan dan diferensiasi osteoblas. Sederhananya, ia akan membuat aliran darah lancar dan mood kamu tetap baik.


Otak jadi tertipu

Source: shutterstock

Cahaya yang menyerupai pancaran sinar matahari ini dapat membuat otak kebingungan karena cahaya dianggap sebagai tanda siang hari, walaupun saat itu waktu menunjukkan malam hari. Akhirnya, tubuh kamu bereaksi dengan berhenti memproduksi melatonin yang berfungsi untuk mengatur siklus bangun dan tidur. Inilah salah satu hal yang bisa menyebabkan susah tidur alias insomnia.

Kepo berkepanjangan

Source: presprimarytralee.com

Ketika kamu membuka satu akun, berjalan-jalan di dalamnya, rasa ingin tahu kamu akan semakin tinggi. Kemudian, kamu akan mencari tahu lagi artikel atau konten yang berkaitan dengan konten yang sebelumnya. Alhasil, kamu yang tadinya sudah dalam posisi tidur, mulai pelan-pelan duduk untuk mencari informasi lainnya. Ini bahaya karena bisa terjadi selama berjam-jam sampai kamu jadi lupa tidur.

Yuk, kurangi penggunaan smartphone kamu sebelum tidur. 

Cover: pixabay

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *