Rajin Donor Darah, Ini 5 Keuntungan Yang Bisa Kamu Dapatkan. Boys, Kalian Perlu Perhatikan Ini

Please log in or register to like posts.
News

Teman zeru, tahukah kamu kalau kebutuhan darah untuk disumbangkan terus meningkat sepanjang tahun? Berdasarkan data pada tahun 2016 dari Unit Donor Darah Pusat PMI, setiap tahun dibutuhkan 4,8 juta kantong per tahun namun stok darah ini tidak pernah terpenuhi. Sedangkan, penggunaan darah di Indonesia rata-rata 15.000/ hari per kantong dan golongan darah yang paling susah terpenuhi adalah golongan darah A.

Teman, ini saatnya kamu membantu banyak orang dengan menjadi pendonor darah. Selain bermanfaat untuk kebutuhan sosial, kamu juga bisa mendapatkan lima manfaat berikut ini:

 

Mengurangi risiko penyakit jantung

Source: mirror.co.uk

Kalian yang berjenis kelamin laki-laki, zat besi di dalam darah biasanya berpengaruh untuk fungsi tubuh. Namun, jika berlebihan zat besi justru dapat menyebabkan kerusakan oksidatif. Inilah penyebab utama penuaan, serangan jantung, stroke dan banyak lagi. Nah, dilansir dari lifehack.org, pada American Journal of Epidomiology, dengan mendonorkan darah bisa membantu menjaga kadar zat besi di dalam tubuh kamu.

 

Mengurangi risiko kanker

Source: liverdoctor.com

Wow. Kebayang kan hanya dengan mendonorkan darah, kamu bisa mengurangi risiko terkena kanker. Ternyata, faktor utamanya masih sama yaitu zat besi. Dengan menguranginya jumlahnya, maka kamu pun sudah menurunkan risiko penyakit kanker.

 

Meningkatkan produksi sel darah merah

Source: telegraph.co.uk

Dengan mendonorkan darah kamu maka sumsum tulang belakang kamu otomatis akan memproduksi sel darah merah baru. Kalau kamu rajin melakukan donor darah akan membuat tubuh kamu terus membentuk darah baru dan segar.

 


Membakar Kalori

Source: funfitgym.com

Teman, mendonorkan 1 liter darah sama dengan membakar sekitar 650 Kcal. Jumlah ini bahkan bisa lebih banyak daripada berlari selama 30 menit, lho.

 

Cek kesehatan gratis

Source: caesarsbrook.com

Pada saat melakukan donor darah, kamu akan melewati proses pemeriksaan kesehatan secara gratis. Pemeriksaan ini meliputi tekanan darah, tes screening kesehatan, dan pemeriksaan medis lainnya. Tindakan ini merupakan tindakan preventif untuk memastikan bahwa darah bebas dari penyakit seperti HIV, Hepatitis B, Hepatitis C, dan Syphilis.

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan hidup lebih sehat dan bermanfaat bagi banyak orang.

Cover: mirror.co.uk

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *