​Percaya Diri Saat Bicara 4 Mata Itu Penting. Ini 6 Cara Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Dirimu

Please log in or register to like posts.
News

Banyak orang yang bertanya tentang kunci dari sebuah kesuksesan? Salah satu formulanya adalah rasa percaya diri saat bicara di depan orang lain. Dengan rasa percaya diri yang kamu miliki, kamu dapat mengembangkan dirimu di semua lingkungan, baik lingkungan sekolah, kampus, atau di pekerjaan nantinya.

Lalu, bagaimana cara melatih dan meningkatkan rasa percaya diri dalam diri kamu? Ada 6 cara mudah yang bisa langsung kamu coba. Simak ya:


No Gadget!

Source: keepcalm-o-matic.co.uk
Source: keepcalm-o-matic.co.uk

Saat kamu bicara dengan temanmu, cobalah untuk menjauhkan gadget dari sisimu. Atau kamu bisa mencoba untuk mengaktifkan mode diam agar pembicaraan kalian nggak terganggu.

 

Trik eye contact

Source: nymag.com
Source: nymag.com

Yang ini sedikit susah, tapi kamu pasti bisa. Cobalah melakukan kontak mata saat kamu berbicara dengan temanmu. Menatap mata bisa membantumu untuk meningkatkan kesan percaya diri di mata orang lain. Kalau kamu nggak kuat menatap mata lama-lama? Coba alihkan pandanganmu ke bagian dahi yang terdapat di antara kedua alis lawan bicara kamu. Ini cukup membantu, lho.


Bersikap terbuka

Source: istockphoto.com
Source: istockphoto.com

Buka kedua lengan kamu, hindari melipat tangan di depan dada. Tangan yang terbuka dan gerak tubuh yang luwes juga menjadi bentuk sopan santun saat kamu bicara dengan orang yang lebih tua.

 

Duduk bersebelahan

Source: shutterstock.com
Source: shutterstock.com

Bersebelahan dengan temanmu saat bicara bisa membuat kamu lebih akrab dibandingkan kalau kamu duduk berhadapan. Ketika kamu duduk berhadapan, meja di depanmu sedikit memberikan kesan kalau kamu takut. Duduk bersebelahan juga bisa memudahkan kamu untuk melakukan kontak fisik jika dibutuhkan.

 

Respon positif

Source: freepik.com
Source: freepik.com

Nggak perlu setiap saat mengangguk, berdeham, atau tersenyum. Pastikan kamu menunjukkan respon-respon ini di waktu dan kalimat yang tepat. Ini merupakan bentuk respon kalau kamu memahami apa yang diucapkan oleh teman, senior, atau atasan kamu.

 

Hindari menutup telapak tangan

Source: crosswalk.com
Source: crosswalk.com

Posisi relaks kamu tetap saja kurang lengkap tanpa telapak tangan yang terbuka. Sebaiknya kurangi melipat jari apalagi membunyikannya.

Mudah bukan? Jika kamu kesulitan mempraktikkannya dengan temanmu, cobalah mempraktikkannya di depan cermin. Ingat, practice makes perfect!

Cover: wisdomhealingcenter.com

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *