5 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan! Jangan Sampai Bikin Kamu Down Berlarut-Larut

Please log in or register to like posts.
News

Teman zeru, apakah kamu pernah down hingga membuat kamu merasa nggak layak, enggan keluar rumah, atau malas bergaul dengan teman-temanmu? Perasaan seperti ini nggak baik jika dipelihara lama-lama. Selain itu, kamu juga harus mengetahui apa saja yang bisa membuat kamu merasakan ini. 

Ini dia 5 hal yang bisa menyeret kamu ke dalam perasaan seperti ini.

 

Terlalu mendengarkan orang lain

“Kalau kamu melakukan ini sepertinya kamu akan lebih baik.” “Kamu kok gitu? Kamu nggak baik lho kalau begitu.” “Pilih yang ini saja, ini cocok sama kamu.” semakin beragam pendapatnya,kamu pun semakin bingung serta depresi. Kalau mengikuti yang ini, nanti yang lain sedih. Kalau aku ambil yang ini, mereka senang tapi rasanya aku nggak. Pendapat ada untuk membantu kamu, tetapi keputusan akhir ada di kamu. Kamu nggak bisa menyenangkan semua orang dan mengorbankan diri kamu. Jadi, tetaplah jadi dirimu sendiri.

 

Gagal melakukan sesuatu

Source: iraqiparliament.info

Gagal masuk sekolah yang kamu impikan, gagal masuk universitas impian kamu, gagal saat ujian, dan masih banyak lagi kegagalan yang bisa terjadi di diri kamu. Teman, hal ini bisa menjadi penyebab depresi untuk kamu jika dibiarkan. Ambil saja pelajaran dari kegagalan kamu di masa lalu dan terus maju.

 

Trauma

Source: bigthink.com

Pengalaman yang nggak menyenangkan di masa lalu jelas bisa bikin kamu depresi. Apalagi kalau kamu belum benar-benar berdamai dengan hal ini. Jangan menghadapinya sendirian, berbagilah dengan orang yang kamu tahu bisa membantu kamu. Jika terlalu berat, segera pergi ke psikiater untuk berkonsultasi.

 

Kondisi ekonomi

Nggak bisa dipungkiri kalau kondisi finansial di rumah kamu bisa membuat kamu depresi. Saat kamu mengalami kesusahan, jangan mudah menyerah. Cobalah untuk mulai mengubah gaya hidup kamu, mulai menabung, atau menciptakan sesuatu yang dapat membantu kondisi keuangan kamu. Percayalah, hal ini akan membuat kamu semakin mandiri.

 

Kehilangan

Source: shutterstock

Apakah kamu pernah kehilangan orang yang kamu cintai? Baik karena meninggal atau putus cinta? Rasanya pasti sakit sekali. Namun, memelihara kesedihan nggak akan membuat kamu bisa melanjutkan hidup. Berusahalah dan berdamailah dengan kondisi yang ada. Bergabunglah dengan teman-temanmu, agar kamu tidak merasa sendiri dan terus dikuatkan.

Cover: healthaim.com

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *