8 Cerita Rakyat Ini Dijamin Bisa Membawa Kamu Kembali Ke Masa Lalu. Yang Mana Favoritmu?

Please log in or register to like posts.
News

Teman zeru, apakah kamu masih ingat dengan kisah anak yang dikutuk menjadi batu? Atau sebuah cerita yang menceritakan seorang anak yang lahir dari sebuah timun?

Yup, cerita rakyat atau cerita daerah ini merupakan harta kebudayaan kita yang sudah menjadi warisan turun temurun dari generasi sebelumnya. Ayah, ibu, kakek, dan nenek kita bahkan menjadikannya sebagai media untuk mengajarkan banyak hal, khususnya moral, kepada kita. Apa saja sih cerita yang biasanya dibacakan untuk kamu, nostalgia yuk!

Bawang Merah dan Bawang Putih

Source: contohpantunpuisicerpen.blogspot.co.id

Saking menariknya, kisah yang berasal dari Riau ini sering dipentaskan dan diangkat ke layar kaca. Kisahnya sendiri menceritakan tentang seorang single mom yang memiliki dua orang anak yaitu si Bawang Merah yang sombong dan Bawang Putih yang baik hati.

Timun Mas

Source: kakakpintar.com

Mbok Srini sudah mulai tua dan lama mengingkan seorang anak. Saat ia pergi ke ladang, ia bertemu raksasa yang berjanji dapat memberikannya anak dengan syarat anak tersebut harus dikembalikan setelah berumur 16 tahun. Saat Mbok Srini setuju, ia pun diberikan biji timun untuk ditanam dan lahirlah seorang anak perempuan dari buah timun itu. Kemudian, saat harus menghindar dari raksasa, Timun Mas mengeluarkan beberapa senjata seperti jarum, terasi, dan benih untuk menjerat si raksasa.

Malin Kundang

Source: nandadesign23.blogspot.co.id

Cerita ini kadang jadi terdengar menyeramkan karena terkadang orangtua menggunakannya untuk menjahili kita. “Kalau nggak nurut, nanti durhaka jadi batu.”. Yup, cerita asal Sumatra Barat ini menceritakan tentang si Malin yang nggak nurut bahkan berbuat jahat sama ibunya. Kamu bisa melihat patung yang menyerupai Malin dan kapalnya saat berkunjung ke Pantai Air Manis.

Roro Jonggrang

Source: cerita-rakyat-terlengkap.blogspot.co.id

Jika kamu bermain-main ke candi Prambanan di Yogyakarta, Jawa Tengah, kamu seharusnya tahu tentang cerita Roro Jonggrang ini. Saat itu, adalah Pangeran Bandung Bondowoso yang mencintai Putri Roro Jonggran. Sayangnya, kisah ini berakhir tragis karena Bandung Bondowoso kesal dengan ulah curang Roro Jonggrang dan akhirnya mengutuk Roro Jonggrang menjadi batu.

Danau Toba

Source: educastudio.com

Cerita yang berasal dari Sumatra Utara ini menceritakan tentang bagaimana Danau Toba terbentuk. Seorang petani bernama Toba hidup sendiri di sebuah lembah. Suatu hari ia menangkap seekor ikan besar dan ikan itu menjelma menjadi seorang perempuan cantik yang akhirnya ia lamar. Dengan syarat nggak mengungkit asal-usulnya kembali, perempuan itu pun akhirnya bersedia menjadi istrinya. Setelah memiliki anak bernama Samosir, sang petani mengingkari janjinya karena kesalahan yang dibuat anaknya. Seketika itu banjir datang dan ia tidak bisa menyelamatkan diri. Lembah yang tergenang air itu kini disebut Danau Toba.


Sangkuriang

Source: youtube

Hampir mirip dengan cerita-cerita sebelumnya, cerita Sangkuriang merupakan asal usul dari terbentuknya Gunung Tangkuban Perahu. Yang terjadi adalah seorang anak bernama Sangkuriang yang jatuh cinta dengan Dayang Sumbi, ibu kandungnya sendiri. Karena ibunya bingung bagaimana menggagalkan pernikahannya dengan Sangkuriang, ia pun mengajukan syarat yaitu Sangkuriang harus membendung sungai Citarum dan membuat perahu yang besar untuk menyeberang sungai dalam satu malam. Namun karena tidak selesai, Sangkuriang marah dan menendang perahu itu sampai terbalik.

Keong Mas

Source: deviantart.com

Cerita Keong Mas ini bisa mengingatkan kita agar kita tidak hidup bermalas-malasan. Keong Mas sebenarnya adalah anak perempuan cantik dan sangat rajin. Ia pun pandai menenun dan hasil tenunannya sangat indah. Namun, ia dibunuh dan dibuang ke bendungan oleh ibunya secara terpaksa karena permintaan ayahnya yang pemalas. Ia pun menjelma menjadi seekor keong berwarna emas.

Lutung Kasarung

Source: kabuyutancipaku.wordpress.com

Lutung Kasarung mengisahkan tentang dua kakak beradik, Purbararang dan Purbasari. Purbararang cemburu atas keputusan ayahnya yang memilih adiknya untuk menggantikan tahtanya karena sudah tua. Karena iri, Purbararang membuat Purbasari menjadi buruk rupa sehingga ia diasingkan ke hutan. Di sana ia bertemu dengan Lutung Kasarung yang ternyata adalah seorang pemuda tampan yang kelak menjadi suaminya.

Dari semua cerita di atas, yang mana cerita favoritmu?

Cover: youtube

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *