Ayo, Nabung Buat Travelling ke Tempat Impian Kamu! Mulailah dengan Merencanakan Budget Ongkos Sehari-hari

Please log in or register to like posts.
News

Saat ini semakin banyak tempat-tempat hits yang bisa kamu kunjungi sebagai tempat travelling. Namun, untuk mewujudkan impianmu ini kamu tentu membutuhkan perencanaan yang matang, khususnya masalah budget atau anggaran dana yang diperlukan.

Nah, salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk menambah uang kas kamu adalah dengan memotong pengeluaran sehari-hari, seperti ongkos atau dana bahan bakar minyak alias BBM kalau kamu terbiasa menggunakan kendaraan. Caranya mudah, dikutip dari DuitPintar.com berikut ini tips yang bisa kamu sontek supaya lebih hemat.

 

1. Penjadwalan itu Penting

Kamu bisa memulai dari perjalanan kamu selama sepekan. Mulai dari Senin sampai Minggu, cobalah untuk menyusun jadwal-jadwal pasti tujuan kamu. Mulai dari kampus, kantor, markas komunitas, tempat ibadah, kafe (jika kamu harus ke kafe, kalau nggak perlu banget coba dipikir ulang, ya). Bila ada rencana meeting di luar yang aksesnya sulit dijangkau dengan kendaraan umum, jadwalkan juga.

Buat semuanya rapi, terjadwal dan terorganisir dengan baik sehingga kamu tahu, dalam sepekan berapa pengeluaran bensin yang harus dikeluarkan.

 

2. Isi Sesuai Rencana

Sekarang kamu sudah tahu jadwal kamu. Saatnya eksekusi perencanaan yang sudah kamu buat. Isi bensin kamu pada Senin pagi sesuai kebutuhan. Kamu nggak harus selalu mengisi penuh tangki, lho, kalau memang nggak benar-benar butuh.

Misalkan dalam sepekan kamu hanya akan menempuh perjalanan 185 km dan itu cukup dengan 12 liter bahan bakar, buat apa diisi penuh? Isi seperlunya saja.

Ini supaya kamu lebih disiplin dalam menggunakan kendaraan. Ikuti jadwal perjalanan yang sudah dibuat dan isi bensin sesuai dengan kebutuhan itu. Dengan demikian, ketika kamu diajak nongkrong dan tidak ada dalam perencanaan kamu, kamu bisa pilih angkutan umum saja. Bensin pun jadi lebih irit, betul?

 

3 . Lebih Pagi Lebih Baik

Bangun dan berangkat lebih pagi tak ada salahnya, lho. Selain lebih sehat, kamu juga bisa mengurangi penggunaan bahan bakar akibat macet. Kalau memang jalanan masih sepi dan tidak perlu lewat tol, kamu bisa lebih hemat nih. Pacu mobil kamu dalam keadaan konstan 60 km per jam. Bagaimana? Kamu bisa lebih hemat dengan menaklukkan rasa malas dalam diri kamu di pagi hari.

 

4. Manfaatkan Semua Promo

Mulai sekarang, manfaatkan setiap promo untuk bahan bakar atau berkendara umum. Dari sini kamu bisa banyak memangkas biaya untuk ditabung. Jangan lupa untuk memantau selalu keadaan di jalan melalui aplikasi untuk mengurangi macet-macetan di jalan. 

Nah, kalau kamu terpaksa harus keluar dari perencanaan, manfaatkan kendaraan umum mulai dari bus sampai ojek online daripada harus bermacet-macetan dan mengeluarkan uang untuk biaya parkir. 

Dengan begitu, otomatis pengeluargan ongkos transport kamu akan terkontrol dengan baik dan dana untuk liburan pun semakin mudah didapatkan, bukan?

Cover: pixabay

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *