Bosan Jomblo Terus? Naikin PD Kamu Supaya Tahun Ini Nggak Jomblo Lagi

Please log in or register to like posts.
News

Menarik diri dari lingkungan, nggak berani menerima tantangan, nggak suka jadi yang pertama, merasa depresi, mudah khawatir, merupakan ciri nyata yang tampak pada orang-orang yang nggak pede alias percaya diri. Rasa tidak percaya diri ini biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti:

1. Kurang dihargai oleh lingkungan sekitar.

2. Tidak memiiliki sesuatu yang berharga.

3. Pernah mendapatkan kritikan yang bersifat negatif.

4. Merasa nggak punya fisik yang baik dan sempurna.

Nah, teman-teman yang seperti ini butuh support dari orang-orang sekitarnya dalam bentuk kata-kata positif dan juga hal-hal yang dapat membuka pikiran mereka. Tapi, kita juga harus paham kalau itu bukan ‘obat’ yang paling manjur. Sebenarnya yang mereka butuhkan adalah tindakan serta langkah pasti dan mantap dari orang di sekitarnya, terutama dari diri sendiri.

Selain faktor di atas, rasa nggak pede itu muncul karena menaruh nilai yang terlalu tinggi atas hidup kita. Kok bisa?

Karena waktu kita membandingkan diri dengan orang lain, prestasi orang lain, nilai orang lain, kekayaan orang lain, kesuksesan orang lain akhirnya membuat diri menjadi minder. Kenapa? Karena kita jadi ingin sama seperti orang lain bahkan lebih tinggi dari orang lain. Kekecewaan pun akhirnya terjadi karena adanya kesenjangan antara harapan dengan realita. Ujung-ujungnya, hal ini akan menimbulkan rasa kecewa, marah, iri hati, rendah diri, minder, dan nggak pede.

Padahal, kita harusnya tahu dan sadar kalau keberadaan kita di dunia ini merupakan anugerah dari Tuhan kita. Kita semua diciptakan unik dan nggak sama dengan yang lain. Dia sudah memberikan kelebihan pada diri kita masing-masing sehingga kita bisa saling melengkapi, bukan untuk berkompetisi.

So, kita harus sadar bahwa kita harus menggunakan anugerah Tuhan untuk bisa memberikan kontribusi yang baik, dan dampak yang positif buat orang lain, terlebih bisa menjadi bau yang harum bagi bangsa ini.

That’s why, kita harus punya cara pandang bahwa orang lain itu lebih penting daripada kita. Cara pandang seperti ini bukan berarti kita jadi lebih rendah daripada orang lain, lho. Justru, karena kita tahu kita mahal kita mampu membuat orang itu lebih penting daripada kita.

Jadi, adakah alasan untuk nggak pede, minder, dan nggak percaya diri?

Berikut ini tips singkat supaya kamu makin pede. Apa saja? 

1. Sadari bahwa kita unik. Kita ciptaan yang unik. Tuhan sudah bikin kita secara detil, kunci percaya diri itu ada di dalam diri kita. Apakah kita bisa menghargai diri kita secara luar biasa atau percaya dengan apa kata orang tentang diri kita? Semua tergantung sama kita sendiri.

2. Tunjukkan kemampuan kalian. Seperti yang sudah kita bahas di atas, semua orang memiliki kelebihan dan keunikan yang berbeda. Karena itu, jangan ragu untuk menunjukkan kemampuan kamu di hadapan orang lain. Karena kamu unik dan berbeda.

3. Gali wawasan. Menjadi diri kita apa adanya emang nggak salah, tapi nggak ada salahnya juga kalau kita menggali wawasan sehingga kita bisa bergaul dengan banyak orang. Perbesar kapasitas diri kita sehingga kita bisa bisa mengerti banyak hal.

Videonya bisa dilihat di sini.

Cover: pixabay

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *