Bukan Pencitraan, Ini Lho Yang Perlu Kamu Pahami Tentang Personal Branding Lewat Media Sosial

Please log in or register to like posts.
News

Hari-hari ini, media sosial bisa dikatakan sebagai jurnal pribadi yang bersifat publik. Di medsos kita bisa mempertontonkan karya dan kehidupan pribadi kita di akun pribadi kita. Bahkan, share keresahan di medsos udah bukan hal yang tabu buat sebagian dari kita, anak muda. Dari setiap konten yang kita unggah, terbentuklah personal branding kita. Yang jadi pertanyaan, seberapa penting sih personal branding di media sosial? Bukannya personal branding itu fake atau terkesan dibuat-buat? Hmm…

Begini guys, menurut Katryna M. Johnson personal branding adalah sebuah praktisi marketing diri sendiri di tengah masyarakat. Singkatnya, bagaimana citra kamu ingin dikenal dan bagaimana orang lain mengenal diri kita. Jadi, personal branding menjadi sangat penting karena apa yang kamu unggah mencerminkan siapa diri kamu sesungguhnya.

Secara nggak sadar, konten yang kalian ciptakan bersama pacar,  teman kamu, keluarga, bahkan gaya pakaian kamu dapat dilacak dengan mudah oleh orang lain. Setiap tulisan dan konten-konten yang kalian bagikan terekam dalam dunia yang namanya internet. FYI aja, menurut data yang kami himpun dari careerbuilder.com, 60 persen HRD atau perekrut karyawan di Amerika Serikat menilai karakter atau personal kandidat karyawan mereka dengan melihat unggahan di akun media sosial mereka lho, guys.

Eits, data-data ini bukan bermaksud buat kamu nggak bisa have fun dan nikmatin medsos di masa muda kalian, Superyouth. Emang sih di zaman yang serba teknologi ini, kalian akan sedikit kesulitan mendapatkan yang namanya privasi. Belum lagi, nggak jarang kita melihat netizen yang nggak saling kenal bisa berargumen secara nggak sehat di kolom komentar.

 

Source: iwillteachyoutoberich.com

Tapi, media sosial juga memiliki dampak yang baik untuk kamu kok. Bagaimana bisa? Nih, daripada kamu capek merespon akun nggak penting, lebih baik sebarkan konten positif di akun kamu. Kamu bisa jadi sumber inspirasi lewat akun medsos kamu dengan cara berbagi pengalaman yang kamu punya. Nggak perlu hal besar. Kata-kata penyemangat, foto, dan juga video yang memiliki nilai moral yang baik juga bisa jadi bahan yang menarik buat dibagikan di media kalian.

Buat kamu para content creator, karya yang kalian share sangat berpengaruh dalam membangun standar ‘keren’ di kalangan anak muda. Tunjukan ke semua orang, keren itu nggak harus hidup hedon dan selalu pakai barang branded. Kamu bisa keren kalau hidupmu berdampak positif buat orang lain.

Dengan konten postif dalam akun medsos kalian, personal branding kalian pun juga menjadi positif di mata orang lain. Yes, nggak menutup kemungkinan jika ada orang yang memiliki pemahaman yang menyimpang dari apa yang kita lakukan. But, setiap orang punya pandangannya masing-masing dan cukup sulit bagi kita buat mengubah prinsip seseorang. Yang perlu kita lakukan adalah menunjukkan kualiatas kita sebagai anak muda Indonesia yang berpikir positif. Berkarya lewat hobi dan mimpi kita untuk menginspirasi orang banyak. Yuk, jadi anak muda yang Super! Ntapsoul!

(YS)

Cover: glints.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *