Bukannya Pilih-pilih, Tetapi Teman Yang Baik Bisa Membawa Kamu Lebih Dekat Dengan Mimpimu. Ini Lho Yang Harus Mereka Punya

Please log in or register to like posts.
News

Hai Teman Zeru, kalau boleh tahu apa sih syarat untuk bisa menjadi teman kamu? Harus kaya? Harus terkenal? Atau harus pintar?

“Duh, aku sih siapa saja bisa jadi temanku.” Yup, kita memang bisa berteman dengan siapa saja dan harus menjadi teman untuk semua orang. Tetapi, tidak semua teman harus masuk ke area “ruang tamu” kamu.

Pergaulan yang baik tentu bisa membawa kebiasaan yang baik. Sedangkan pergaulan yang buruk bisa merusak kebiasaan-kebiasaan kamu yang baik. Misalnya, kamu anaknya rajin banget mengerjakan PR. Tapi, karena kamu membiarkan teman-temanmu masuk lebih jauh ke hidup kamu, kamu jadi ikut-ikutan bermain sampai lupa waktu dan melupakan PR kamu. Padahal, esok harinya sudah harus dikumpulkan. Lah, kan jadi berabe. Nah, untuk itu kamu perlu tahu beberapa standar yang harus kamu pegang dalam berteman.

 

Stay awake

Source: nerdist.com

Seasik-asiknya kamu berteman tetaplah waspada. Banyak sekali kasus teman-teman kita yang terjebak akibat temannya sendiri. Nggak menyangka? Pastinya. Tetapi, selagi kamu tetap membuka mata dan telinga, maka kamu bisa mendapatkan banyak informasi tentang temanmu. Tidak juga langsung percaya apa kata mereka, tetapi hal-hal tersbut bisa menjadi acuan untukmu dalam berteman.

 

Bagaimana dia memperlakukan orang lain

Source: indiewire.com

Bagaimana sih cara melihat ketulusan seseorang? Lihatlah dari caranya memperlakukan orang lain. Apakah dia bisa memperlakukan orang yang tidak dikenalnya dengan baik? Apakah dia suka membicarakan orang lain di belakangnya dan bersikap manis di depan? Hati-hati, jika ia seperti ini suatu saat kamu bisa jadi korbannya. Duh, jangan sampai deh.

 

Ketahui karakternya melalui sifat dan kata-katanya

Source: tvguide.com

Kamu nggak akan bisa maju kalau berteman sama orang yang terlalu sering mengeluh, mengumpat, dan berkata-kata kasar. Percaya deh, kata-kata yang baik itu berperan penting dalam membangun karakter kamu. Bayangkan, kalau kamu berteman dengan mereka yang optimis, kegagalam dalam berusaha dan berjuang pun akan menjadi ringan karena mereka akan menguatkan kamu. Jadi, kenali baik-baik siapa yang menjadi temanmu.

 

Pastikan dia tidak ada maksud jahat

Source: theringer.com

Well, kita memang nggak bisa tahu apakah dia akan jahat sama kita atau nggak. Tapi, kamu bisa melihat dari gerak-geriknya dan apakah dia ada di saat kamu sedang kesulitan. Apakah dia benar-benar mendorong dan menopang kamu. Apakah dia dengan tulus ingin berteman denganmu.

 

Apakah dia menjadi inspirasi atau penghalang

Source: digitalspy.com

Nah, ini yang paling penting. Apakah dengan berteman dengan dia kamu bisa terinspirasi? Dengan prinsip dan nilai-nilai serta karakter yang ia miliki, apakah kamu menjadi anak yang lebih baik? Jika jawabannya iya, selamat. Kamu menemukan teman yang baik untuk masa depan kamu. Jika tidak, bukan berarti kamu tak boleh lagi menjadi temannya. Hanya saja, batasi pergaulanmu agar tidak terikut arus ya.

Bagaimana? Sudah siap menyaring pertemananmu?

Cover: iaspaper.net

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *