Bukannya Sehat, Malah Sakit. Kamu Yang Ingin Ikut Lomba Lari, 5 Hal Ini Wajib Kamu Perhatikan

Please log in or register to like posts.
News

Salah satu cara mudah untuk menjaga kesehatan kamu adalah dengan berolah raga. Nah, bisa dibilang lari merupakan olahraga yang paling mudah, murah, dan banyak diminati sampai saat ini, lho. Beberapa orang bahkan sampai ikut ke dalam komunitas, juga mendaftarkan dirinya dalam perlombaan. Seru, ya!

Bagaimana dengan kamu? Untuk kamu yang tertarik dan merasa dirinya adalah pelari pemula, jangan takut untuk ikut serta dalam perlombaan. Selain berlatih, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu catat agar hobi dan kegiatan barumu ini nggak bikin kamu sakit.


Cukup tidur

Source: health.com

Serajin-rajinnya kamu berlatih, jika pada saat mendekati perlombaan kamu kurang tidur… wah, bisa berabe urusannya. Stamina itu nomor satu, jadi perhatikan waktu tidurmu ya.

Cukup air

Source: dinamani.com

Hidrasi tubuhmu dengan baik. Saat mempersiapkan perlombaan, ketika berlomba, maupun setelahnya kamu harus tetap cukup air. Cukup hidrasi itu penting untuk seorang pelari untuk menghindari kekurangan hidrasi (dehidrasi) dan juga kelebihan hidrasi yang bisa menyebabkan hyponatremia atau penurunan kadar garam dalam darah akibat kelebihan cairan di dalam tubuh.

Lakukan pemanasan

Source: soposted.com

Jangan pernah abaikan yang satu ini. Pemanasan sebelum olahraga lari sangat penting supaya badan kamu, khususnya kaki kamu, tidak mudah kram dan cepat lelah. Lakukan pemanasan setidaknya 10-15 menit sebelum lari. Kamu bisa melakukan gerakan mengangkat lutut setinggi mungkin setiap melangkah, melompat dengan jari kaki, memutar pergelangan kaki, dan beberapa gerakan pemanasan lainnya.


Pilih jarak pendek

Source: theodysseyonline.com

Mungkin kamu sudah berlatih dengan giat, namun tak perlu buru-buru mengambil jarak lari yang panjang. Jika selain lari kamu tidak terbiasa melakukan olahraga apapun, ada baiknya kamu mengambil jarak pendek seperti 5 km. Setelah terbiasa dengan olahraga lari, baru deh kamu ambil tuh lari dengan jarak yang lebih panjang.


Berlarilah dengan santai

Source: greatist.com

Saat memulai lomba, nggak perlu buru-buru mengejar pelari di depan kamu. Perlahan tapi pasti, biarkan tubuhmu beradaptasi. Kalau kamu mulai merasa lelah, nggak masalah untuk menurunkannya jadi jalan cepat. Yang penting jangan langsung berhenti apalagi menyerah, ya!

Selamat mencoba.

Cover: pixabay

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *