Hei, Anak Baru. Ini yang Bisa Kamu Lakukan di Kampus Supaya Nggak Kangen Rumah Melulu

Please log in or register to like posts.
News

Superyouth, sebentar lagi tahun ajaran buat angkatan mahasiswa baru bakal dimulai lho. Udah siap belum buat jalanin keseharian sebagai maba? Hehehe. Tapi, buat kamu yang merantau, kangen nggak sih sama teman-teman dan keluarga di kampung halaman kamu? Apalagi, temen-temen pun belum banyak dan bingung juga mau nongkrong kemana.

Daripada galau dan bosen di kos, cobain deh kegiatan-kegiatan yang bisa ngatasin homesick kalian.

Kenalan Sama Teman Baru

Source: southernct.edu

Sambil nunggu jam-jam nanggung akibat jadwal maba yang berantakan, mendingan kenalan sama temen-temen sekelas lo aja daripada langsung cabut dan bengong di kamar.

Keliling Buat Kenal Lingkungan Baru

Source: keene.edu

Cara ampuh buat ngebantu kamu untuk beradaptasi dengan lingkungan baru adalah keliling di sekitar lingkungan kalian, contohnya kampus atau wilayah kos-kosan kamu. Mungkin bakal lebih asyik waktu selesai kelas sore atau lari pagi saat weekend. Perhatikan juga tempat-tempat yang bakal kalian sering kunjungin, seperti perpustakaan, gedung-gedung kampus, tempat fotokopi dan tempat makan murah.

‘PDKT’ Sama Kakak Kelas

Source: www.uvi.edu

Kan udah mulai akrab sama temen seangkatan, cobalah mulai bergaul sama kakak tingkat. Eits, bukan menjilat atau jadiin gebetan lho, tapi cobalah belajar dari mereka. Karena mereka kan udah ngerasain lebih banyaknya ‘manis-asam-pahit’-nya kehidupan perkampusan kan. Kamu bisa belajar soal tips belajar efektif atau trik gimana cara rebut hati dosen. Jangan salah, selain otak yang encer dan ketekunan, peran dosen itu penting banget dalam menentukan kelulusanmu di bangku kuliah. Hehehe…

Join UKM

Source: musicademy.com

Nah, kalau kamu punya hobi tapi bingung cari komunitasnya, di kampus biasanya ada UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa yang sangat terbuka buat kedatangan kalian. Istilahnya, kayak ekstrakurikuler lah ya pas di sekolah. Ada banyak lho pilihan UKM yang bisa kamu pilih, mulai dari kesenian, keagamaan, olahraga, sampai organisasi mahasiswa. Dan faktanya, pengalaman kalian di UKM juga bisa menjadi nilai tambah lho pas kalian melamar kerja.

Nah, itu beberapa hal yang bisa kalian lakuin kalo kalian bingung dan kangen rumah. Jauh dari keluarga memang nggak mudah. Buat mereka bangga dengan prestasi dan semangatmu di dunia baru kalian di kampus. Tapi ingat, pergaulan yang buruk dapat merusak kebiasaan yang baik, Superyouth. So, tetap jaga hati dan integritasmu ya gengs!

(YS)

Cover: oxford.emory.edu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *