Hiii… 5 Phobia Ini Nyeremin Banget Dan Pencetusnya Ada Di Sekitar Kita, Lho

Please log in or register to like posts.
News

Phobia adalah rasa takut pada suatu hal atau fenomena berlebihan. Rata-rata hal ini terjadi akibat pengalaman tidak enak di masa lalu. Mungkin kamu sudah familiardengan beberapa phobia seperti phobia ketinggian, ruang sempit, atau hewan-hewan tertentu. Tapi bagaimana dengan tujuh phobia berikut ini?

 

Athazagoraphobia

Source: Youtube

Ketakutan terhadap merasa dilupakan dan diabaikan. Duh, tapi iya juga sih, siapa juga yang mau dilupakan atau diabaikan orang lain apalagi keluarga sendiri, ya. Tapi, mereka yang mengalami phobia ini memang memiliki pengalaman yang menyakitkan. Mereka sangat mudah merasa bersalah jika ada teman atau sahabatnya yang tiba-tiba berubah. Mereka biasanya memiliki self esteem yang rendah.

 

Chronophobia

Source: cc-paints.com

Ketakutan terhadap waktu. Bukan tentang jam, tetapi mereka takut pada waktu yang berjalan lambat atau terlalu cepat saat mereka sedang menikmatinya. Mereka takut pada waktu kemarin, nanti, atau masa depan. Biasanya yang banyak mengalami hal ini adalah mereka yang berada di penjara.

 

Agoraphobia

Source: fobias10.com

Ketakutan terhadap ruang terbuka dan keramaian. Mereka yang mengalami Agoraphobia kerap mengurung diri di rumah, lho. Hmm… kebayang kan bagaimana susahnya mereka hidup. Akan ada kesulitan tersendiri ketika mereka harus pergi keluar rumah, ke taman, ke lapangan, dan tempat terbuka lainnya.

 

Philophobia

Source: youtube

Takut jatuh cinta. Duh, bakalan jomblo terus nih kalau kayak begini. Mereka yang mengalami phobia yang satu ini biasanya sudah terlalu sering disakiti sehingga ada ketakutan tersendiri untuk dicintai dan mencintai. Duh… gimana kalau ternyata ada yang benar-benar sayang sama kamu?

 

Coulrophobia

Source: crixeo.com

Badut yang seharusnya menyenangkan memang sudah berubah imagenya sejak jaman Victoria. Belum lagi badut-badut digambarkan memiliki karakter yang menyeramkan seperti dalam film Batman dan IT. Ketakutan terhadap badut ini biasanya terjadi karena riasannya, pembawaannya, dan juga trauma masa kecil.

 

Cherophobia

Source: unlimitedimpact.org.uk

Takut bahagia. Wah, akan gimana hidupnya kalau dia takut bahagia, ya? Hmm… Mereka yang mengalami Cherophobia cenderung menghindar jika ada yang merayakan suatu hal yang menyenangkan di sekitarnya. Kenapa bisa begitu? Mereka yang mengalaminya sendiri memiliki keyakinan kalau mereka bahagia maka setelah itu akan datang kesedihan. Jadi, bukan tak mau bahagia melainkan mereka takut pada kesedihan setelahnya. Ini dia alasan mereka menghindar dari rasa bahagia.

 

Somniphobia

Source: Flickr

Tidur merupakan salah satu kebutuhan penting manusia. Tapi, bagaimana jika salah seorang temanmu memiliki phobia pada tidur? Penderita Somniphobia biasanya takut pada mimpi buruk yang terjadi ketika ia tertidur, takut mengompol, atau mati saat sedang tidur. Duh, bersyukur ya untuk kamu yang bisa menikmati waktu tidurmu.

Teman zeru, semoga di antara kamu nggak ada yang mengidap phobia ini, ya.

Cover: shutterstock

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *