Ini Lho 7 Bahasa Yang Paling Banyak Digunakan Di Dunia. Apakah Kalian Menguasai Salah Satunya?

Please log in or register to like posts.
News

Guys, tahu nggak sih kamu kalau saat ini terdapat 7.102 jenis bahasa yang digunakan oleh seluruh umat di dunia? Dikutip dari Ethnologue, dari sekian banyak bahas di dunia ini hanya 23 bahasa yang digunakan oleh lebih dari 50 juta orang di dunia.

Bahasa-bahasa ini digunakan nggak hanya untuk berkomunikasi sehari-hari, tetapi juga dalam kegiatan belajar mengajar, bergaul, dan juga berbisnis, lho. Kira-kira bahasa apa saja sih yang paling banyak digunakan dan wajib untuk kamu pelajari?

 

Bahasa Mandarin

Source: Mandarin HQ

Ternyata, bahasa Mandarin adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia ini. Dihitung dari segala belahan dunia, bahasa mandarin telah digunakan oleh lebih dari 1 miliyar orang. Walaupun terdengar mudah ditirukan, tetapi bahasa Mandarin termasuk bahasa yang sulit dipelajari. Dalam setiap kata terdapat empat cara atau nada yang berbeda dengan arti yang berbeda pula. Hmm… Tertarik untuk mempelajarinya?

 

Bahasa Spanyol

Source: The Apricity

‘Hola’, ini adalah salah satu kata sapaan dalam bahasa Spanyol. Pengguna bahasa Spanyol saat ini terhitung sebanyak 399 juta orang, lho. Selain itu, bahasa Spanyol juga digunakan di 31 negara lainnya. Katanya, selain untuk berkomunikasi sehari-hari bahasa Spanyol yang digunakan di Amerika Serikat memiliki kepentingan sendiri. Kira-kira untuk keperluan apa, ya?

 

Bahasa Inggris

Source: Channel4

Bahasa internasional yang satu ini ternyata hanya digunakan sebanyak 335 juta orang dan digunakan di 101 negara. Kenyataannya, bahasa inggris adalah bahasa yang wajib kamu kuasai jika kamu ingin memiliki pergaulan yang lebih luas dan kesempatan yang lebih besar di bidang apapun. Bahasa Inggris dan juga bahasa Spanyol juga merupakan bahasa resmi yang digunakan di PBB. jadi, sudah tahu kan kenapa kamu wajib menguasainya?

 

Bahasa India

Source: The Hindu

Dengan berkembangnya perfilman Bollywood, maka makin berkembang pula penggunaan bahasa India di seluruh dunia. Saat ini bahasa India atau Hindustan digunakan oleh 260 juta orang dan terdapat 4 negara lainnya yang juga menggunakan bahasa yang satu ini. Bahasa India termasuk bahasa yang cukup mudah untuk dipelajari, bahkan kamu bisa mempelajarinya sambil ikut bernyanyi.

 

Bahasa Arab

Source: International Digital Marketing

Kamu yang beragama muslim mungkin memiliki kelebihan khusus dalam bahasa Arab karena sudah mempelajarinya sejak kecil. Yup, bahasa Arab digunakan oleh 242 juta orang di 60 negara di dunia terutama di Arab Saudi. Psst, bahasa Arab merupakan salah satu bahasa tertua di dunia, lho.

 

Bahasa Portugis

Source: flsas

Apakah kalian tahu bagaimana menyapa dalam bahasa Portugis? ‘Bom dia’ atau dilafalkan ‘bohn DEE-ah’ merupakan kalimat sapaan seperti halo dalam bahasa Portugis. Bahasa Portugis diperkenalkan sejak abad ke-12 setelah Portugal memenangkan kemerdekaannya dari Spanyol dan kekuasaan mereka pun diperluas hingga seluruh dunia. Akhirnya, bahasa Portugis pun ditetapkan di seluruh dunia, terutama di daerah Brasil, Macau, Angola, Venezuela, dan Mozambik. Bahasa ini digunakan oleh 203 juta orang di 12 negara.

 

Bahasa Benggala

Source: News Deeply

Saat ini bahasa Benggala digunakan oleh 189 juta orang dan 4 negara di seluruh dunia. Bahasa ini kebanyakan digunakan oleh penduduk Bangladesh yang terdiri dari 120 juta orang. Apakah kamu tahu kalau Bangladesh berbeda dengan India?

Nah, inilah ketujuh bahasa yang menjadi bahasa terbanyak digunakan di dunia. Bahasa apa yang menjadi favoritmu?

Cover: give.uci.edu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *