Ini Lho Hal Yang Harus Kamu Pikirkan Saat Ingin Memilih Jurusan Saat Kuliah. Jangan Asal-Asalan, Ya!

Please log in or register to like posts.
News

Sebentar lagi masa Sekolah Menengah Atas kamu akan berakhir dan kamu sudah harus memilih jurusan apa yang ingin kamu ambil untuk berkuliah nanti. Galau? Wajar saja, kok. Sebab, jurusan kuliah yang akan kamu ambil akan mempertaruhkan masa depan kamu. Salah pilih jurusan di awal bisa menyebabkan kamu stuck di tengah jalan atau mungkin nggak selesai dan berpindah jurusan. Huft!

So, penting banget untuk mempertimbangkan masak-masak supaya kamu nggak menyesal nantinya di masa depan. Bagaimana cara mempertimbangkannya?

 

Cari tahu minat dan passion kamu

Source: gudangpemain.com

Penting banget untuk tahu minat dan potensi kamu ada di mana. Soalnya, banyak banget yang terlambat menyadari apa yang mereka minati sehingga galau kemudian saat menjalankan kuliah. Harus dilanjutkan atau disudahi? Yup, kayak hubungan kamu sama si dia saja. Biasanya, mereka yang nggak tahu apa minat dan bakatnya hanya akan mengikuti kemana arus membawanya. Saat teman-teman kebanyakan mengambil jurusan fashion design, dia akan dengan mudahnya mengikuti. Padahal, dia nggak suka menggambar apalagi ngurusin outfit dia sendiri.

Gimana cara tahunya? Perhatikan kegiatan apa yang kamu sukai dan kamu bisa lakukan setiap hari. Misalnya, kamu suka belanja dan sangat cermat menghitung pengeluaran. Kenapa nggak mengambil jurusan di bidang ekonomi? Kalau kamu suka hal-hal yang berbau sejarah, buku, dan literasi, jangan ragu-ragu untuk berkuliah di jurusan sastra.

 

Ukur peluang di masa depan

Source: viu

Apa yang saat ini sedang dan akan semakin berkembang? Teknologi, transportasi, media sosial? Lihat peluang ke masa depan dan apakah kamu bisa terjun ke sana nantinya. Pada awal tahun 2000 mungkin kamu nggak mengenal profesi Social Media Specialist, tetapi di zaman ini semua perusahaan membutuhkan orang dengan kemampuan ini. Apa saja yang dibutuhkan? Kecakapan dalam “bermain” di dunia social media pastinya. Nah, kira-kira jurusan apa yang bisa memfasilitasi profesi seperti ini? Dari sini kalian bisa mulai mempersiapkannya jika hal ini juga sesuai dengan minat dan potensi kalian.

 

Dukungan dari keluarga

Source: empiechubby.com

Saat kita menjalani masa perkuliahan yang berat, tentu kita membutuhkan support dari orang yang ada di sekitar kita. Nah, pastikan orangtua kamu memberikan dukungan mereka 100 persen untuk piihanmu ini. Karena dukungan dari mereka juga menjadi semangat dan mood booster yang luar biasa agar kamu bisa menyelesaikan setiap semester dengan baik nantinya.

 

Cari tahu lebih banyak mengenai tempat kamu belajar

Source: Dramabeans

Setelah mengetahui jurusan apa yang kamu ambil dan di mana kamu akan berkuliah, kenali lingkungandi kampus tersebut. Apa saja fasilitas yang ditawarkan, bagaimana review tentang mata kuliah dan dosen-dosennya, sejauh apa kamu bisa berkembang di sana, unit kegiatan mahasiswa apa yang bisa kamu ambil untuk menunjang minat dan bakat kamu. Ini penting. Kalau memang merasa tidak sesuai, carilah alternatif lain.

 

Bangun komitmen untuk berkembang

Source: variety.com

Bersiaplah untuk berkomitmen membangun hal-hal baru dalam diri kamu. Sebab, masa perkuliahan bukanlah masa-masa yang mudah untuk dilalui. Dengan adanya komitmen untuk mengembangkan potensi kamu lebih lagi, bisa dipastikan kamu akan menjadi pribadi yang lebih baik lagi setelah lulus nanti. Ingat, kemampuan yang mumpuni akan kalah dengan karater yang terbangun. Jadi, milikilah karakter yang baik untuk mendukung kemampuan mu yang luar biasa.

 

Sudah siap memasuki dunia yang baru?

(ERN)

Cover:twitter

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *