Ini Lho Akibat Yang Bisa Dialami Korban Pelecehan Seksual. Nggak Cuma Jangka Pendek, Ada Jangka Panjangnya Juga

Please log in or register to like posts.
News

Teman Zeru, kasus pelecehan di Indonesia kini kembali terekspos. Korbannya kali ini adalah Via Vallen, penyanyi muda yang ngehits dengan lagu “Sayang”. Baru-baru ini Via mendapatkan tindakan pelecehan seksual melalui media sosial miliknya oleh seorang atlet sepak bola yang terkenal di Indonesia.

Source: Youtube

Karena kesal, ia pun mempublikasikan percakapannya dengan pelaku. Beruntungnya si pelaku, Via nggak mencantumkan namanya lho. Namun, ia menyebutkan kalau pelakunya adalah seorang atlet sepak bola. Akibatnya, Via Vallen pun mendapatkan kritikan karena dianggap berlebihan. Namun demikian, nggak sedikit juga netizen yang mendukungnya, lho.

Source: Tribunnews.com

Satu hal yang harus kita waspadai adalah walaupun nggak terjadi tindakan fisik, hal seperti ini juga sudah bisa dikategorikan sebagai pelecehan. Dikutip dari Kompasiana.com psikolog anak dan konselor pola asuh Maria, M.Psi. menuliskan terdapat dua jenis pelecehan seksual, yakni fisik dan verbal. Ia pun menjelaskan dampak dari tindakan ini dalam jangka panjang dapat menyebabkan korbannya memiliki masalah yang mengarah ke masalah kepribadian, disfungsi seksual, sakit kronis, kecanduan, melukai diri sendiri, depresi dan juga keinginan bunuh diri.

Bahkan, jika tindakan ini dirasakan saat masih kecil, maka ketika beranjak dewasa korbannya dikhawatirkan akan mengalami gangguan identitas disosiatif (kecenderungan untuk mengulangi tindakan kekerasan) dan Bulimia Nervosa.

Nyatanya, dalam dunia hiburan memang kejadian seperti ini sering terjadi. Hashtag #metoo pun sempat booming beberapa waktu yang lalu di New York untuk menggalakkan kasus pelecehan seksual baik untuk laki-laki dan juga perempuan. Hmm… Bagaimana menurut kalian?

(ERN)

Cover: Mindful.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *