Jadilah Pendengar yang Baik. Ini Dia Tipsnya Supaya Semua Orang Makin Nyaman Curhat Sama Kamu

Please log in or register to like posts.
News

Teman Zeru, hidup kita itu nggak terlepas dari masalah, mulai dari masalah keluarga, pacar, teman, sampai masalah pelajaran di kampus atau di sekolah. Nah, salah satu hal yang bisa bikin masalah kamu jadi lebih enteng adalah cerita ke orang terdekatmu atau curhat.

Tapi, nggak semua orang bisa jadi temen curhat yang baik. Bukannya bikin lega, malah bikin makin tertekan dan memperburuk masalah kita. Nah, ada beberapa cara yang bisa sobat zeru pakai agar kamu bisa jadi pendengar yang tepat untuk mereka yang butuh hati dan telingamu.

 

Dengarkan Cerita Mereka Sampai Selesai

Cara paling mendasar supaya kamu jadi temen curhat yang pro adalah mendengarkan curhatan temenmu sampai selesai. Kasian kan kalo dipotong pas mereka lagi terbuka buat cerita sama kamu. Jangan sok tahu dan mengambil kesimpulan sebelum mereka selesai bercerita. Kan mereka bercerita buat ngeluarin uneg-uneg mereka, bukan judge-judge yang justru membuat mereka semakin down.

 

Bantu mereka melihat perspektif yang berbeda

Lihatlah masalah temanmu itu dari sudut pandang yang objektif, tidak memihak alias netral. Bantu mereka melihat sisi positif dari masalah yang saat ini mereka hadapi. Hindari untuk membuat pikiran mereka penuh dengan opini-opini yang nggak mendasar dan dangkal pemikiran. Bukannya bikin enteng, malah makin runyam otak dan perasaannya.

 

Jangan Jadi Hakim Buat Mereka

Semua orang pasti bisa salah, tapi mereka juga punya kesempatan buat berubah jadi lebih baik. Begitu juga dengan teman kamu. Jika mereka cerita sama kamu mengenai kesalahan mereka, bantu mereka buat berubah. Jangan biarkan dia terjebak dengan rasa bersalah dan merasa tidak memiliki harapan. Dengan support kamu, mereka pasti merasa tidak sendirian.

 

Jadilah Orang Yang Apresiatif

Beri mereka apresiasi karena udah cerita sama kamu. Sekadar, “Thanks ya bro udah cerita sama gue. Apa yang bisa gua lakuin biar lo bisa lebih baik?” mungkin bisa membuat perasaan temen kamu jauh lebih baik. Selain itu, pasti butuh keberanian dan kepercayaan yang cukup tinggi sampai dia bisa cerita sama kamu. Nah, tugas kamu adalah yakinkan temenmu, setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.

 

Biarkan Temanmu Yang Mengambil Keputusan

Ajak mereka untuk bercerita pada Tuhan. Biar Tuhan yang memberikan solusi terbaik untuknya, karena hanya Tuhan yang tahu keputusan terbaik untuk temanmu. Setelah itu, biarkanlah mereka mengambil keputusan sendiri dalam pikiran dan emosi yang tenang. Boleh sih beri saran buat temenmu, tapi bicaralah sesuai dengan konteks masalah mereka dan fokus langsung ke intinya. Saran yang panjang belum tentu efektif dan kadang terkesan lebay atau omong kosong.

 

Nah, itulah beberapa cara buat menjadi pro listener dan tepat. Jangan segan-segan buat mempraktikkannya saat temenmu curhat ya.

(YS)

Cover: Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *