Jangan Cuma Cerdas Otak! Cerdas Emosi Bahkan Bisa Lebih Menjaga Kualitas Hidup Kamu

Please log in or register to like posts.
News

Salah satu kecerdasan yang wajib dikembangkan dalam diri kamu adalah kecerdasan emosi (Emotional Quotient). Punya kecerdasan intelektual jelas membanggakan, tetapi cerdas secara emosi bisa membantu kamu bertahan waktu menjalani hidup ini.

Nah, ini dia 5 dari banyak sekali keuntungan kalau kamu memiliki kecerdasan emosi yang baik. Nggak cuma mengununtungkan kamu tapi juga menguntungkan orang-orang di sekitarmu.


Kamu memiliki kepekaan yang tinggi

Kamu tahu dan sadar akan setiap perasaan kamu. Beberapa orang nggak sadar ketika ia merasa marah atau melakukan kesalahan. Ini bisa berdampak buruk kalau kamu berhadapan dengan orang yang salah, lho. Kamu yang cerdas, akan cepat mengetahui emosi apa yang sedang kamu rasakan dan bisa mengatasinya dengan baik.

 

Bisa menjadi pemimpin yang baik

Orang yang nggak bisa mengendalikan emosinya dengan baik biasanya nggak bisa menjadi pemimpin yang baik dan dikagumi anggotanya. Kok bisa? Pemimpin yang nggak mengerti dan nggak cerdas dengan emosinya akan mengalami kesulitan untuk berempati pada orang lain. Kamu yang cerdas bisa mengerti jelas kondisi apa yang terjadi di sekitar kamu dan bagaimana kamu harus bersikap.

 

Kamu bisa menggunakan logika dan perasaan bersamaan saat menyelesaikan masalah

Menggunakan salah satunya saja untuk menyelesaikan masalah tentu nggak efektif. Jika kamu mengandalkan logika, kamu hanya memikirkan dirimu dan mengabaikan orang lain. Jika kamu mengandalkan perasaanmu saja kamu bisa melukai dirimu sendiri. Oleh sebab itu kamu yang cerdas dalam emosional dapat mengatasi masalahmu dengan baik.

 

Kamu diterima dimana pun kamu berada

Kamu tidak akan khawatir dengan perubahan dan kamu bisa bergaul dengan siapa saja. Asyik kan? Karena kamu bisa dengan mudah membaca situasi di sekitarmu dan kamu bisa menemukan koneksi kemana pun kamu pergi.

 

Kamu disenangi banyak orang

Kok bisa? Pada dasarnya mereka yang cerdas emosi nggak akan jadi pemarah di tengah teman-teman yang sedang bahagia dan nggak akan jadi super sensitif hanya karena candaan yang receh. Mereka bisa menempatkan emosinya dengan tepat.

Kalau kamu belum memiliki kecerdasan emosi yang baik, tenang saja. Teruslah belajar dan melatihnya agar kamu bisa menikmati hidup kamu dengan baik.

Cover: istockphoto.com

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *