Kalau Nggak Mau Kena 5 Penyakit Ini, Sebaiknya Kamu Kurangi Penggunaan Gadgetmu. Kamu Masih Muda, Lho

Please log in or register to like posts.
News

Sebutkan dua benda yang nggak boleh ketinggalan di tas kamu! Dalam waktu singkat teman zeru pasti akan mengatakan gadget dan charger. Kenyataannya generasi milenial memang nggak bisa lepas dari hal ini, bukan?

Tapi jika kamu tidak bijak dalam menggunakannya, beberapa gangguan ini bisa kamu alami. Perhatikan deh.


Masalah emosional

Source: prcouture.com

Dilansir dari Netsanity nggak hanya masalah fisik, tapi kamu yang kecanduan juga bisa mengalami masalah mental. Masalah fisik dan mental ini terjadi pada 85% masyarakat yang berusia 18-29 tahun, lho. Kok bisa? Ketika kamu berjalan-jalan di media sosial milik orang lain, tanpa sadar itu membuat kamu membandingkannya dengan apa yang kamu miliki. Dan ini bisa memicu masalah emosional di dalam diri kamu.

 

Sakit punggung dan leher

Source: travelandleisure.com

Tahu nggak, rata-rata orang akan menunduk 8-10 jam untuk menatap layar telepon pintarnya. Riset ini didapatkan dari The British Chiropractic Association, Inggris. Akibatnya, ini membuat tulang belakang dan punggung mengalami stres dan mengalami tekanan berlebihan. Jika dibiarkan, keadaan ini bisa membuat kamu berujung pada sakit kronis dan kerusakan pada punggung bagian belakang dan leher. Jadi, perhatikan posisimu saat bermain ponsel dan regangkan leher dan punggung setiap beberapa menit agar tidak pegal.

 

Tendinitis di tangan

Source: lbhandtherapy.com

Kalau kamu pernah mengalami sakit di pergelangan tangan dan jempolmu waktu kamu sedang bermain dengan smartphone kamu, itu adalah tanda tendinitis. Tendinitis sendiri artinya peradangan yang terjadi pada tendon pergelangan tangan. Kondisi ini bisa terjadi jika kamu terus mengetik dan scrolling di layar ponsel kamu. Segera istirahatkan jika kamu nggak mau ini terus berkelanjutan.

 

Sering mengantuk

Source: thepiper.k12.somerville.ma.us

Kok bisa? Akibat membuka aneka media sosial lagi dan lagi, kamu pun urung menutup mata. Padahal kegiatan ini berbahaya karena aliran cahaya dari ponsel dapat mencegah tubuh memproduksi melatonin, hormon vital untuk menenangkan saat tidur. Kamu pun terjaga selama berjam-jam. Ada baiknya sebelum tidur kamu mematikan gadget atau sinyal kamu sebelum kamu tidur agar tidak terganggu dengan notifikasinya.

 

Terpapar banyak kuman

Source: businessreviewusa.com

Faktanya antara toilet dan smartphone, yang lebih kotor adalah smartphone. Kok bisa? The University of Arizona, AS, menemukan fakta bahwa smartphone lebih kotor dan dapat membawa bakteri hingga 10 kali lebih mudah dan banyak daripada dudukan toilet. Kebayang kan kalau kamu membawanya ke toilet ketika buang air besar? Uuhh… Bersihkan gadget kamu seminggu sekali dengan benar. Setidaknyna, itu dapat membantu mengurangi kandungan kuman di ponsel kamu.

Cover: waktuku.com

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *