Kalian yang Baru Lulus, Bersiaplah Untuk Melakukan 5 Hal Ini Untuk Masa Depan yang Lebih Baik!

Please log in or register to like posts.
News

“Akhirnya lulus juga!” kalimat ini pasti kamu lontarkan ketika masa-masa “kelam” pembelajaran berakhir. Kamu mulai merencanakan liburan, aktivitas, dan segudang rencana lainnya untuk menikmati kebebasan yang sudah kamu tunggu-tunggu.

Tapi, ingat! Hidup kamu yang berharga ini masih berlanjut. Jangan sampai kamu terjebak dalam masa hura-hura terlalu lama. Setelah melakukan banyak kegiatan seru, ciptakan juga planning selanjutnya untuk jenjang karier kamu.

Nah, lakukan 5 hal yang kami kutip dari hipwee.com ini untuk membantu mewujudkannya!

 

1. Ciptakan dan Update CV kamu

Ini merupakan tahap pertama yang harus kamu lakukan. Belum pernah punya CV? Santai. Kamu bisa belajar membuatnya dengan mudah, yang penting cantumkan apa saja prestasi kamu baik dalam bidang pendidikan atau pun social, pengalaman saat sekolah atau kuliah, dan data diri terbaru kamu. Ingat, saat mencantumkan CV nggak perlu bikin status kamu jomblo atau nggak, ya. 

Nah, selain data akurat, percantik lembaran CV dengan desain dan template yang unik. Manfaatkan teman-teman sekitarmu yang kreatif supaya CV kamu makin menarik.

 

2. Kirim sebanyak-banyaknya

Manage expectation! Ini penting. Kamu kan baru lulus, so carilah pekerjaan yang sedang lowong sebanyak-banyaknya dengan membuat akun di portal pencarian kerja. Dari sini kamu akan semakin mudah mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat kamu. Buat sebanyak-banyaknya, karena banyak sekali portal kerja yang bisa memberikan kesempatan emas untukmu.

Cari tahu juga Job Fair yang diadakan di beberapa tempat. Dapatkan informasi registrasi atau pembelian tiket untuk masuk. Sebab, beberapa Job Fair memungut biaya untuk pelaksanaannya. Cara ini memang sudah lama dilakukan dan cukup memakan biaya, tetapi masih ampuh, loh!

 

3. Tetap fokus walau belum ada panggilan

Beberapa waktu menunggu panggilan nggak datang juga. Kemudian, kamu mulai bersedih dan kehilangan semangat untuk mencari pekerjaan. Boleh nggak sedih? Boleh saja. Tapi, ingat jangan sampai terpuruk. Ingat fokus awal kamu adalah memulai masa depan yang baru dan cerah. 

So, bakar kembali semangat kamu. Lakukan hal-hal yang dapat membuat gairahmu bangkit kembali. Evaluasi CV mu sebelumnya, apakah ada kesalahan atau kekurangan. Mungkin terlalu panjang, mungkin masih kurang menarik, dan banyak alasan lainnya.

 

4. Aktif dalam kegiatan positif

Untuk kamu yang bosan berdiam sambil menunggu kepastian, coba deh ikut kegiatan-kegiatan positif. Dengan kegiatan seperti ini, kamu bisa mempertahankan jiwamu tetap positif dan semangat. Apalagi kalau kamu termasuk orang yang tak bisa diam. Karakter ini akan membuatmu memiliki banyak link dengan latar belakang berbeda yang dapat membantu kamu meraih pekerjaan baru. Kamu juga bisa menambah wawasan dan pengalaman bersama teman-teman baru kamu.

 

5.Karyakan dirimu supaya lebih maju

Kamu orang yang kreatif dan banyak teman? Manfaatkan waktumu yang berharga untuk menghasilkan sesuatu. Pemasukan di masa-masa ini penting, lho, apalagi bisa jadi orang tuamu mulai mengirit uang jajan sampai kamu dapat pekerjaan.

Jadi, kalau kamu yang memiliki skill di bidang tertentu dan bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan coba saja menjadi freelancer. Beberapa yang bisa kamu lakukan seperti menulis, data entry, graphic design, atau yang lainnya.

Dengan menjadi freelancer kamu bisa bekerja secara individualis, fleksibel, dan tetap mendapatkan gaji. Eksplor dan dalami ilmu serta kemampuan di bidang yang kamu minati. Sebagai lulusan yang baru memang butuh usaha, jadi jangan menyerah untuk mengejar impianmu karena kita adalah generasi anak muda yang meraih mimpinya.

Tetap berjuang dan semangat. Kerjakan segala sesuatu dengan usaha yang terbaik dan percayalah pekerjaan terbaik pun akan menghampirimu.

Cover: Pixabay

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *