Kamu Berharga, Lakukan Beberapa Hal Ini Saat Kamu Merasa Ingin Menyerah Saja

Please log in or register to like posts.
News

Pernah nggak sih kamu merasa kalau kamu sudah berusaha semaksimal mungkin tapi tetap saja gagal dan gagal. Dan karenanya kamu mulai merasa kalau kamu nggak bisa apa-apa, kamu ingin menyerah, dan kamu nggak berharga. Teman Zeru, setiap kita yang lahir di dunia ini tentu memiliki masalah.

Tetapi, sadar nggak sih kamu kalau Tuhan sudah memberikan kekuatan untuk kamu melaluinya dan setiap masalah kamu itu nggak ada yang melebihi kapasitas kekuatan kamu. Untuk itu, sebenarnya kamu hanya perlu melakukan hal-hal berikut ini supaya kamu nggak mudah menyerah saat menghadapi masalah.

 

Belajar beryukur

Source: freepik

Yup, ini saran klise yang mungkin sudah bosan kamu dengar. Tapi, nyatanya dengan bersyukur kamu bisa menambah rasa optimis dalam hidupmu. Cobalah pahami kalau di luar sana, banyak anak-anak yang memiliki masalah yang lebih berat daripada kamu. Tetapi, apakah mereka menyerah? Tidak. Banyak dari mereka terus melanjutkan hidup dengan senyum dan tawa. Jadi, bersyukur saja.

 

Stop membandingkan

Source: bizhumm.com

Terkadang, kita nggak sadar kalau masalah yang kita hadapi itu adalah masalah yang kecil tetapi karena kita sering membandingkan hidup kita dengan hidup orang lain maka masalah menjadi semakin besar. Kembali lagi, semua orang yang ada di dunia ini pasti memiliki masalah tapi mereka memutuskan untuk tidak menunjukkan seberapa besar masalah mereka.

 

Belajar bertahan dan mengambil hal positif

Source: brannonbeliso.com

Dalam melewati setiap masalah kamu harus belajar untuk bertahan. Ketika kamu berhasil melewatinya, jangan lupa untuk mengambil hal positif yang ada di dalamnya. Dengan begini, kamu sudah memiliki bekal untuk menghadapi masalah-masalah selanjutnya yang mungkin saja serupa atau berbeda. Kamu pasti akan jadi lebih kuat karenanya.

 

Pikirkan mereka yang nggak menyerah untuk kamu

Source: seventeen.com

Kamu bisa memikirkan orangtua, sahabat, atau adik, dan guru di sekolahmu. Siapapun mereka, sudah tentu mereka akan terus setia memberikan semangat untuk kamu. Sehingga, bagaimana mungkin kamu memutuskan untuk menyerah sedangkan mereka nggak menyerah terhadap kamu? Alasannya sederhana, karena mereka percaya kalau kamu mampu melewatinya.

 

Self-talk

Source: yourtimetogrow.com

Self-talk adalah berkomunikasi dan berbicara dengan dirimu sendiri. Bukan sekadar bicara, melainkan mengeluarkan hal-hal positif yang kamu pikirkan. Dengan hal ini, kamu bisa memotivasi diri kamu untuk lebih baik dan menjaga pikiran kamu tetap positif. Ini termasuk terapi sederhana yang bisa kamu lakukan di mana pun kamu berada, lho. And yes, you can do it!

 

Sharing dengan orang lain

Source: yourtimetogrow.com

Ketika kamu nggak bisa menghadapinya sendirian, jangan pernah ragu untuk berbagi cerita dengan orang lain. Mungkin, mereka adalah orang yang kamu percaya untuk mendengar setiap keluh kesahmu. Mungkin juga mereka adalah orangtua atau saudara mu. Percayalah, dengan berbagi beban kamu bisa lebih bersemangat untuk menyelesaikan semua masalah kamu. Dengan berbagi, kadang kamu juga bisa mendapatkan solusi yang nggak terpikirkan, lho.

Jadi, seperti kata D’Masiv jangan pernah menyerah ya.

(ERN)

Cover: freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *