Kamu yang Punya Bisnis Online, Waspada Sama 5 Kesalahan Ini Supaya Nggak Cepat Bangkrut

Please log in or register to like posts.
News

Zaman sekarang, rasanya menjadi pebisnis sudah tak susah lagi, ya. Apalagi untuk kamu yang kreatif dan memiliki passion di bidang ini. Hal kecil pun bisa menjadi sesuatu yang bernilai kalau dikelola oleh orang yang benar. Lumayan buat nambah uang jajan plus tabungan.

Nah, baik kamu yang pemula atau pun sudah cukup lama memiliki toko online harus waspada dengan lima kesalahan pebisnis online yang kami kutip dari Cermati.com.


1. Tidak menyesuaikan penawaran dengan permintaan

Banyak teman-teman yang menjalankan bisnis online tanpa memikirkan permintaan pasar. Hal ini menyebabkan mereka menjual barang yang nggak banyak dibutuhkan orang lain.

Sebaiknya, sebelum membangun bisnis online, ukur dulu 3 hal ini:

a. Permintaan pasar

Kamu bisa melakukan ini dengan Google adwords keyword planner. Caranya masukkan produk serta lokasi kamu. Dengan cepat aplikasi ini akan memberikan kamu informasi mengenai jumlah pencari produk tersebut.

b. Prediksi tren

Teman Zeru, banyak produk yang sifatnya sementara. Jadi, agar penjualan dapat terus stabil, kamu harus bisa memprediksi pola permintaan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengukur tren adalah dengan menggunakan Google trend.

Ketik nama produk pada aplikasi tersebut, dan Google trend akan menunjukkan grafik yang menunjukkan permintaan terhadap produk tersebut.

c. Mengukur persaingan

Persaingan pasti selalu ada. Semakin banyak pesaing, berarti semakin banyak pula permintaan atas produk yang dijual. Manfaatkan persaingan ini untuk mencari tahu produk apa sih yang memiliki kuantitas penjual yang cukup banyak. Mudah, caranya pakai Google dengan mengetik “Jual [jenis produk]”. Perhatikan toko online yang menjual produk serupa dan apa yang dapat dilakukan untuk lebih unggul dibandingkan mereka.


Tidak bertanggung jawab

2. Tidak bertanggung jawab atas rencana

Kalau kamu sudah menyusun rencana bisnis kamu, sebisa mungkin patuhi rencana tersebut. Bisnis online merupakan salah satu jenis bisnis yang memiliki tingkat persaingan yang sangat ketat.

Supaya nggak ketinggalan dari pesaing kamu, pastikan kamu bisa mematuhi rencana yang telah disusun, baik mengenai rencana pemasaran, keuangan hingga penjualan.


3. Malas mengatur administrasi sosial media

Malas, malas, dan malas. Ini nih salah satu sifat manusia yang harus banget dihindari olehmu saat berbisnis. Sebenarnya, banyak bisnis online yang memiliki prospek cukup baik di masa depan tetapi terhambat karena jarang di-update dan akunnya tidak terawat.

Membuat akun sosial media untuk bisnis online memang mudah, tetapi mengelolanya butuh ketelatenan tingkat tinggi guys! Punya akun untuk berjualan bukan berarti kamu boleh posting sesukamu, kamu tetap harus memberikan informasi yang jelas dan sesuai dengan produk yang dijual.

Dengan terus memberikan konten yang terbaru dan informatif, maka pelanggan tidak akan bosan mengunjung toko online kamu. Percaya, deh!


4. Berpikiran tertutup

Be up to date! Ketika kamu nggak mengikuti tren, maka bisnismu susah berkembang. Selalu ada yang baru setiap hari, buka pikiranmu seluas-luasnya kalau kamu nggak mau ketinggalan. Belajarlah dari siapa saja, kapan saja dan bagaimana saja.

Mulai dari kegagalan hingga strategi sukses dalam menjalankan bisnis online bisa kamu “curi”. So, learn more!


Tak jaga kualitas

5. Tidak menjaga kualitas pelayanan terhadap konsumen

‘Konsumen adalah raja’, yup, pepatah ini memang benar. Dengan menjaga hubungan yang baik dengan konsumen, kamu sudah satu langkah lebih depan dibandingkan pesaingmu.

Setelah melakukan transaksi, coba deh tanya pendapat, saran, dan kritik dari pelanggan. Bisnis online melalui media sosial berpusat pada pelanggan dan kepuasan pelanggan, makanya komunikasi dengan pelanggan adalah hal yang harus dijaga.


Ekstra, jangan mudah menyerah

Bisnis online dan bisnis lainnya harus dijalankan dengan tekad yang bulat serta disiplin yang kuat. Nggak ada bisnis yang diraih dengan instan sebab segala sesuatu membutuhkan kerja keras dan kegigihan. Berani meraih mimpi, berarti kamu harus berani menghadapi segala keadaan untuk mendapatkannya.

Saat melakukan kesalahan, jangan terpuruk terlalu lama. Belajar dan segeralah bangkit, sebab terpuruk dalam kegagalan terlalu lama dapat merusak mental serta mengurangi motivasi kamu.

Semangat!

Cover: pixabay

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *