Kejar Mimpimu Mendapatkan Beasiswa. Ini 5 Hal Yang Nggak Boleh Luput Dari Perhatian Kamu

Please log in or register to like posts.
News

Ayo, sekolah setinggi-tingginya! Saat ini mendapatkan pengetahuan rasanya tak sesulit zaman papa mama kita, ya. Namun, seringkali biaya menjadi kendala untuk kamu yang ingin meraih cita-cita.

Guys, nggak perlu takut. Coba kejar program beasiswa! Dengan mendapatkan beasiswa yang tepat, kamu bisa selangkah lebih mudah untuk mewujudkan mimpimu. Memang nggak mudah, tapi bukan berarti nggak bisa. Ini nih 5 cara yang bisa kamu coba.

Jeli melihat peluang

Source: times magazine

Ketahui potensi yang kamu miliki. Kebanyakan orang gagal mendapat beasiswa karena tidak mengenal dan tahu benar potensi dalam diri mereka. Misalnya, kamu nggak bisa berbahasa Inggris aktif, ada baiknya kamu mencari beasiswa dalam negeri saja. Jika nilaimu sekadar pas, coba cari beasiswa di sekolah atau perguruan tinggi yang peminatnya tidak terlalu tinggi. Beberapa yayasan dan juga lembaga agama kini menyediakan beasiswa, lho.

 

Cari informasi sebanyak-banyaknya

Source: NerdWallet

Selain melihat peluang, segera kumpulkan informasi yang berkaitan dengan syarat beasiswa yang akan kamu apply. Jangan pernah terpaku pada sat

u info, manfaatkan teman-teman atau seniormu yang pernah melakukan hal serupa. Semakin banyak informasi, semakin jelas langkah apa yang harus kamu lakukan selanjutnya.

 

Persiapan yang matang

Source: businessinsider.com

Nggak hanya belajar, kamu juga perlu menyiapkan dokumen-dokumen penting pendukung administrasi. Mulai dari daftar riwayat hidup, pengalaman, surat keterangan kelakuan baik, surat kesehatan, dan lain-lain. Persiapkan jauh-jauh hari dan jangan menganggap remeh hal ini ya, teman.

 

Latihan bicara

Source: indonesiamengglobal.com

Kenapa ini penting? Kamu akan melewati salah satu tahapan yang namanya wawancara. Pelajari setiap hal yang berkaitan dengan dirimu, essay, dan juga hal-hal yang berkaitan dengan beasiswamu. Berlatih bicara dapat membantumu lebih tenang ketika menghadapi proses yang satu ini.

So, sudah siap untuk meraih mimpimu?

Cover: hadisoufan.com

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *