Lewat Aksi Ini Kamu Sudah Membantu Pendidikan Di Indonesia, Lho. Tunggu Apa Lagi?

Please log in or register to like posts.
News

Teman Zeru, tahukah kamu kalau berdasarkan fakta dan data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di tahun 2016, ada lebih dari satu juta anak putus sekolah pada jenjang sekolah dasar (SD) dan nggak melanjutkan pendidikan mereka ke sekolah menengah pertama (SMP). Keadaan ini tentu sangat disayangkan, ya. Bagaimana mereka bisa meraih mimpi mereka jika mereka nggak mendapatkan pendidikan yang layak sejak dini.

Anak-anak tersebut adalah anak-anak yang datang dari keluarga yang kurang mampu dan tinggal di desa. Sehingga mereka memiliki peluang yang lebih besar untuk putus sekolah. Selain itu, perbedaan kompetensi tenaga kerja daerah alias guru yang kerja di daerah dan di kota pun menjadi masalah, khususnya untuk daerah tertinggal.

Mungkin saat ini kamu ingin membantu mereka tetapi nggak bisa membantu mereka secara langsung. Tetapi, dengan beberapa hal ini kamu sudah cukup membantu pendidikan di Indonesia, lho.

 

Bangun lebih pagi dan nggak terlambat pergi ke sekolah

Source: adv.kompas.id

Dengan melakukan ini, kamu sudah menjadi sosok yang menginspirasi teman-teman lainnya. Ini juga tanda kamu bersyukur kalau kamu masih bisa bersekolah dan mengenyam pendidikan dengan layak. Walaupun pelajaran sulit dicerna dan gurunya galak, tapi that’s okei, setidaknya kamu bersekolah.

 

Menjaga kebersihan bajumu dan perlengkapan sekolah dengan baik

Source: edukasi.rakyatku.com

Ketika kamu naik kelas dan memiliki kesempatan untuk memiliki baju sekolah yang baru, baju lama yang masih bagus bisa kamu sumbangkan pada teman-teman di daerah yang nggak punya seragam. Begitu juga dengan buku pelajaran dan sepatumu. Semua ini bisa kamu sumbangkan pada mereka dengan keadaan yang sangat layak.

 

Menciptakan gerakan positif di sekolah

Source: beritabandung.com

Salah satunya, kamu bisa memberikan ide untuk mengumpulkan dana lewat gerakan dua ribu sehari. Coba kamu kalikan dua ribu rupiah dengan tiga puluh, kemudian kalikan lagi dengan jumlah teman-teman seangkatanmu. Jumlah ini nggak sedikit dan kamu bisa menolong mereka yang membutuhkannya di mana pun mereka berada. Dana ini bisa kamu serahkan melalui sekolah atau yayasan yang dapat menyalurkannya. Kamu juga bisa meneruskan perjuangan Sripun untuk menggalakkan gerakan anti-bully di sekolah. Mudah kan?

Bagaimana? Selamat Hari Pendidikan Nasional!

(ERN)

Cover: suryaintentilia.com

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *