Mau Dapat Nilai Yang Lebih Baik Di Sekolah? Kamu Perlu Lebih Fokus Waktu Belajar. Tips Sederhana Ini Dijamin Bisa Meningkatkan Daya Fokus Kamu

Please log in or register to like posts.
News

Kebayang nggak sih waktu kamu sudah mengumpulkan niat untuk belajar, kamu justru mudah banget terganggu dengan suara atau aktivitas di sekitarmu? Alhasil, kamu jadi nggak fokus sama apa yang ada di hadapan kamu. Uhhh! Gara-gara hal ini, nilai kamu pun jadi nggak stabil bahkan kamu kesulitan menangkap apa yang diajarkan sama guru di sekolah.

Teman Zeru, setiap kita jelas membutuhkan fokus. Sebab, ketika kita memiliki fokus kita bisa memusatkan pikiran dan perhatian kita pada pelajaran atau apapun dan bisa berkonsentrasi lebih baik lagi. Sebenarnya, supaya jadi lebih fokus nggak sesusah itu kok. Berikut ini cara-cara yang bisa kalian aplikasikan untuk meningkatkan fokus kalian.

 

Persiapkan dengan baik tempat kamu belajar

Source: oxfordlearning.com

Beberapa orang akan lebih fokus ketika kamar atau meja mereka tertata rapi, sedangkan beberapa orang lainnya akan lebih fokus ketika meja mereka berantakan. Kamu tinggal menyesuaikan saja dengan tipe belajarmu. Yang penting bisa membuat kamu lebih fokus.

 

Matikan atau jauhkan gadget

Source: lifeteen.com

Distorsi atau noise yang paling sering kita dapatkan bersumber dari telepon pintar yang kita miliki. Godaan untuk terus update kadang membuat kita kehilangan konsentrasi dan juga fokus untuk belajar. So, cobalah untuk mengaktifkan mode diam dan menjauhkannya dari tempat kamu belajar.

 

Umumkan di grup best friend kalau kamu sedang tidak bisa diganggu karena ingin belajar

Source: oxfordlearning.com

Yup, mintalah mereka untuk mengerti dan berbaik hati menahan segala update sebentar supaya kamu nggak ketinggalan. Ngerti banget kok kalau kamu nggak ingin ketinggalan berita, tapi ingatlah kalau belajar itu lebih penting lho daripada sekadar update tentang teman-temanmu.

 

Belajar sendiri terlebih dulu

Source: Freepik

Brain storming atau group discussion memang menyenangkan. Tetapi, untuk bisa melakukannya jelas kamu harus belajar sendiri terlebih dahulu. Kalau ngga, kamu nggak punya modal untuk mendiskusikan sesuatu. Waktu kamu sendiri, kamu juga bisa lebih memusatkan pikiran kamu tanpa terganggu dengan pertanyaan teman yang mungkin nggak mengerti dengan apa yang sedang kamu pelajari.

 

Belajar membuat rencana

Source: nootropicgeek.com

Sebelum memulai sesi belajar kamu, ada baiknya kamu mendaftarkan bahan-bahan apa yang ingin kamu pelajari. Bagian mana yang jadi prioritas, sehingga kamu nggak asal baca. Apalagi kalau kamu belajar untuk mempersiapkan ujian. Pastikan kamu membagi bahan-bahan mana yang harus kamu pelajari terlebih dahulu. Karena kalau kamu melahap semuanya, tentu nggak akan maksimal karena kamu nggak fokus.

 

Kenali metode belajar kamu

Source: galined.com

Setiap orang memiliki metode belajar yang berbeda-beda. Jadi, misalnya kamu adalah anak yang bisa lebih fokus dengan suara, ada baiknya kamu belajar sambil memasang musik lembut dengan suara yang pelan. Jika kamu anak yang sangat visual, siapkan saja beberapa spidol berbeda warna untuk membantu kamu mengingat bagian-bagian penting.

Mudah kan? Coba sekarang juga, yuk!

Cover: lemongrad.com

Reactions

3
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

3

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *