Membanggakan Banget! Paduan Suara Anak Indonesia Ini Berhasil Meraih Juara Dunia di Slovenia

Please log in or register to like posts.
News

Mengembangkan apa yang menjadi bakat dan kekuatan yang ada di dalam diri kita sejak kecil tentu akan membuahkan hasil yang luar biasa. Nggak hanya itu, jika hal tersebut terus kamu asah maka kamu akan semakin expert. Hal ini lah yang dialami oleh anak-anak The Resonanz Children’s Choir yang karena bakat serta perjuangannya berhasil menjadi juara European Grand Prix (EGP) for Choral Singing 2018 pada 21 April yang lalu.

The Resonanz Children’s Choir (TRCC) adalah paduan suara anak yang berasal dari Jakarta. Walau anggotanya adalah anak-anak, kemampuan mereka nggak bisa diremehkan, lho. TRCC sendiri merupakan paduan suara anak yang kaya akan prestasi. Sebelum memenangkan EGP, TRCC sendiri sempat menjadi juara pada Tolosa Choral Contest yang diselenggarakan di Tolosa, Spanyol. Namun, kemenangan kali ini adalah pertama kalinya Indonesia meraih juara EGP, setelah perhelatan paduan suara paling bergengsi ini berlangsung selama 30 tahun. Psst… Mereka bahkan mengalahkan paduan suara dewasa, lho.

Source: Facebook

Selain itu, untuk meraih gelar juara dunia ini TRCC harus bersaing dengan The Stockholms Musikgymnasium Chamber Choir dari Stockholm, Swedia yangpernah memenangkan kompetisi paduan suara di Varna, Bulgaria, Beijing Philharmonic Choir dari Beijing, China, pemenang seri kompetisi Guido D’arezzo di Arezzo, Italia.

Kemudian, TRCC juga harus menghadapi Coro Musicanova dari Roma, Italia, pemenang kompetisi paduan suara Tours Vocal Competition di Tours, Perancis. Dan terakhir adalah Allmana Sangen dari Uppsala, dari Swedia, pemenang seri kompetisi di Gallus, Maribor, Swedia.

Dalam kompetisi ini, TRCC membawakan enam lagu yaitu Ad Amore karya Lee R. Kesselman, Duo Seraphim karya Thomas Luis de Victoria, Der Wassermann karya Robert Schumann, Salve Regina karya komposer Indonesia Ivan Yohan, Stea Awal aransemen oleh Gwyneth Walker, ‘137 Hip Street’ karya komposer Indonesia, Fero Aldiansya Stefanus (b.1988).

Source: Facebook

Selain itu, yang paling menakjubkan adalah saat paduan suara anak yang dikondukteri Avip Priatna ini membawakan sebuah lagu tradisional Bali,  ‘Janger’, yang diaransemen oleh Agustinus Bambang Jusana. Satu persatu dari mereka bernyanyi sambil membawakan tarian dari lagu tersebut. Seusai lagu ini dibawakan, mereka pun langsung mendapatkan standing ovation dari seluruh penonton di ruangan tersebut. Betapa membanggakan, bukan? Kalian bisa menyaksikan penampilan mewah mereka di sini.

Congratulations TRCC, Indonesia proud of you!

(ERN)

Cover: internasional.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *