Menggali Potensi Itu Nggak Susah, Lho. Ini Cara Menemukannya Agar Kamu Nggak Bingung Lagi

Please log in or register to like posts.
News

Teman Zeru, setiap manusia itu diciptakan dengan berbagai potensi, lho. Kamu dan teman kamu tentu memiliki potensi yang berbeda untuk tujuan yang berbeda juga. Dengan potensi yang ada di dalam diri kamu, kamu bisa mengembangkan banyak hal dalam diri kamu dan juga dapat menjadi dampak untuk orang lain.

Tapi, bagaimana bisa berkembang kalau kamu tak tahu apa yang harus kamu kembangkan? Berarti, pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu dan menggali apa potensi yang ada di dalam diri kamu. Bagaimana caranya?

 

Cari tahu apa yang kamu suka

Source: Freepik

Apa kesukaan kamu? Makan? Jalan-jalan? Menggubah lagu? Bernyanyi? Merapikan kamar? Menyusun barang-barang? Mengumpulkan barang bekas? Hal-hal ini bisa jadi sumber potensi kamu yang terpendam. Hal itu sangat kuat di dalam diri kamu, namun kamu nggak menyadarinya. Daripada menghabiskan waktu nongkrong di luar, lebih baik manfaatkan waktu kamu untuk mencari apa yang benar-benar kamu suka.

 

Cari tahu apa yang kamu bisa

Source: Freepik

Mungkin kamu suka dengan musik, tapi kamu nggak cukup bisa bernyanyi, kamu lebih bisa menulis. Nah, kenapa tidak untuk mencoba menulis tentang hal-hal yang berbau musik? Kamu suka bernyanyi dan selalu bertekad untuk mengikuti lomba mulai dari juara di sekolah hingga festival-festival. Bisa jadi kamu memang benar berpotensi di area ini. Kalau kamu sudah suka dan bisa melakukannya bahkan tanpa harus dibayar, bisa jadi inilah area potensi kamu yang harus dikembangkan.

 

Belajar dari masalah

Source: Freepik

Saat kamu mencari potensimu, belajarlah dari masalah yang kamu hadapi. Hal yang kamu anggap sebagai masalah seringkali membawa kamu pada potensi yang terpendam. Misalnya, kamu nggak memiliki makanan di rumah saat orangtua pergi keluar kota. Nggak mungkin kamu nggak makan, kan? Akhirnya, kamu memilih untuk memasak dengan bahan-bahan yang sederhana, siapa tahu hasilnya enak dan kamu ternyata lebih suka memasak daripada memesan makanan. Kalau terus dikembangkan, suatu saat kamu bisa menjadi seorang chef
ternama. Ini yang namanya belajar dari masalah.

 

Buka mata, buka telinga

Source: Freepik

Banyak bergaul, datang ke event-event, libatkan dirimu untuk menjadi bagian dari sebuah acara, atau lakukan hal-hal yang mungkin nggak pernah kamu lakukan. Bergabung dengan komunitas-komunitas yang baru untuk membangun relationship. Spesial untuk kamu yang introvert, be yourself. Kamu nggak perlu jadi sok asik hanya karena menjadi bagian dari komunitas.

 

Keluar dari zona nyaman

Yup, kamu harus berani melepaskan kenyamanan kamu. Sebab, orang yang nyaman dengan kondisinya tentu nggak akan bisa menemukan apa yang dia cari. Make a move kalau kamu memang mau mencari tahu apa sih potensi yang ada dalam diri kamu. Selain itu, jangan ragu dan takut salah ketika mencoba hal-hal yang bikin kamu nggak nyaman karena terkadang kamu hanya butuh waktu untuk lebih nyaman pada apa yang sedang kamu kerjakan.

Sudah siap untuk menemukan potensimu?

(ERN)

Cover: Freepik

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *