Nggak Perlu Panik. Ini Lho Yang Harus Kamu Lakukan Waktu Haid Nggak Lancar

Please log in or register to like posts.
News

Girls, beberapa dari kamu pasti pernah mengalami haid yang tertunda. Banyak sekali penyebabnya, mulai dari pikiran hingga masalah fisik. Untuk kamu yang memang tidak memiliki gangguan fisik, bisa jadi ini semua terjadi akibat ketidakseimbangan hormon.

Lalu, apa yang bisa kamu lakukan?

Jaga keseimbangan hormon dengan cukup tidur

Source: naukrinama.com

Kadang kamu nggak menyadari bahwa pola tidur yang nggak teratur bisa merusak keseimbangan hormon kamu. Nah, ini bisa jadi salah satu faktor haid kamu jadi terlambat. Cobalah untuk memulai kembali pola hidup sehat, terutama tidur cukup (6-8 jam), dari sekarang.

 

Kurangi asupan kafein

Source: wallpaperup

Kopi kini sudah menjadi salah satu jajanan yang wajib dicoba kalau mau dibilang keren. Rasanya ada yang kurang kalau belum mencoba kopi ini, atau kopi itu, dan belum mempostingnya di media sosial kamu. Nggak salah kok, tapi untuk kamu yang sedang mengalami gangguan haid sebaiknya tahan dulu, ya. Sebab, kafein dapat memacu kelenjar adrenal memproduksi hormon berlebih dan membuat hormon kamu jadi nggak seimbang.

 

Latih tubuh kamu! Yang ringan cukup

Source: nytimes.com

Berolahraga dan melatih tubuh kamu setiap hari dengan kegiatan yang ringan bisa menjaga hormon kamu tetap seimbang. Kegiatan yang bisa kamu lakukan seperti yoga, jalan kaki, jogging, atau berenang. Latihan kardio ringan tiga kali seminggu juga baik dan dianjurkan untuk kamu yang haidnya nggak teratur.

 

Perbanyak makanan sehat

Source: bewellhub.com

Makanan sehat yang dimaksud terutama makanan yang banyak mengandung antioksidan juga asam lemak omega-3. Kamu bisa mendapatkannya pada minyak zaitun, nanas, pepaya, sayuran hijau, asam, dan juga kacang-kacangan.

 

Jauhi stres

Source: wallpapers-web.com

Kelola stres kamu dengan baik, sebab selama kita hidup, kita nggak mungkin terhindar dari masalah. So, kendalikan stres kamu dengan baik. Tetaplah berpikir positif dan jangan ragu untuk memilih istirahat di saat kamu sudah merasa penat.

Kalau kamu sudah melakukan semuanya namun masih saja nggak beraturan, segera periksakan kondisi tubuh kamu ke dokter, ya.

Cover: crosswalk.com

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *