Pengen Traveling Murah ke Luar Negeri Sambil Belajar Budaya Lokal? Ini Tips Buat Kalian

Please log in or register to like posts.
News

Sobat Zeru, kamu punya negara-negara impian yang pengen kalian kunjungi nggak, sih? Di sana kalian bisa menemukan hal baru dan zeru kayak kuliner, budaya, tradisi atau pemandangan lain yang nggak biasa dilihat di tempat asal kita.

Tapi, buat traveling ke luar negeri, biasanya butuh budget yang nggak sedikit. Selain itu, masyarakat lokal yang nggak berkomunikasi dengan bahasa Inggris juga bisa jadi satu dari beberapa faktor yang bikin kita mikir dua kali buat ngunjungin negara impian kita. Hmm…

Eits, kamu nggak perlu khawatir! Hal-hal di atas jangan sampai mengurungkan niat kamu buat melakukan traveling. Sekarang, kita bakal kasih tips buat kalian yang pengen traveling murah dan menyenangkan.

 

Research negara yang pengen kalian tuju!

Source: osloworld.no

Ini jadi salah satu hal yang paling penting buat kalian pas pengen traveling ke luar negeri. Sama seperti tamu yang menghormati aturan tuan rumahnya, begitu juga saat kita berkunjung ke luar negeri. Dengan mencari tahu kebiasaan dan budaya mereka secara general, kita bisa bikin planning. Misal, apa yang pengen kita lakuin di sana, tempat wisata mana yang pengen dituju, berapa expense yang harus disiapin, termasuk gaya pakaian kayak gimana yang harus kita bawa dan gunakan disana. Kan enggak lucu pas kita pergi ke Iceland pake pakaian tipis, atau pakai pakaian terbuka pas pergi ke negara-negara Timur Tengah.

 

Kenalan Dengan Orang Lokal

Source: Triple M

Peran orang lokal dalam traveling murah cukup penting. Selain jadi sumber informasi kita soal kebudayaan dan tempat wisata, seengaknya kita punya orang yang cukup dipercaya di negara yang kita tuju. Buat kamu yang nggak ngerti caranya, coba pakai aplikasi Couchsurfing. Ini adalah aplikasi smartphone yang mempertemukan para traveller sama orang lokal atau host di negara yang pengen di tuju. Dan beberapa host di aplikasi ini juga bakal membuka rumahnya dijadiin guess house atau tempat tinggal buat kita pas ada disana. So, selain teman lokal kita jadi sumber informasi kita soal harga ‘backpacker’,  kita pun bisa menekan biaya penginapan kita di sana.

 

Bawa Barang Yang Essensial

Source: sixtyandme.com

Jangan bawa barang yang belum tentu kamu pakai disana, cukup bawa barang yang benar-benar kamu butuhkan sobat Zeru. Ingat, dengan padatnya jadwal tempat wisata yang pengen dikunjungi, mobilitas pas kita disana pasti bakal cepat. So, usahakan cukup bawa 1 ransel dan tas kecil waterproof biar kemana-mana nggak ribet.

 

Pelajari Bahasa Lokal Yang Cukup Penting

Source: detailpedia.com

Memang, untuk beberapa orang belajar bahasa itu bukan hal yang mudah, apalagi bahasa ‘non-Alfabet’ seperti bahasa Thailand, Jepang, atau Rusia. Tapi, biar kita nggak kesusahan pas kita sendirian, pelajarin seenggaknya kata “Dimana”, “Makan”, “Minum”, “Tidur”, “Terima Kasih”, dan “Toilet”. Ini bakal ngebantu banget buat kalian yang pengen coba solo traveling ke luar negeri.

 

“Trust with Caution”

Source: jogjascrummy.com

Salah satu hal yang membuat kita merasa aman dan nyaman adalah rasa percaya kepada orang lain. Tapi, nggak bisa dipungkiri, di setiap tempat pasti ada orang yang kurang bersahabat atau punya motivasi yang nggak baik. Jadi, kita harus tetap berhati-hati saat. Daaaaan yang nggak kalah penting, jangan lupa berdoa dan minta penyertaan Tuhan kemanapun kita pergi. Inget, pribadi utama yang selalu bisa dipercaya dan memberikan perlindungan adalah Tuhan. So, jangan lupa berdoa ya!

Nah itu beberapa tips buat kalian yang pengen melancong ke negeri orang dengan budget murah. Happy traveling!

(YS)
Cover: byrslf.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *