Sehat Jiwa Raga Itu Penting. Kalau Kamu Nggak Jaga Kesehatan Mentalmu, Bisa-Bisa Ini Yang Akan Terjadi

Please log in or register to like posts.
News

Beberapa waktu yang lalu kita dikejutkan sama berita bunuh diri dari beberapa musisi terkenal. Akibat tekanan mental yang mereka alami, mereka pun memutuskan untuk mengakhiri hidup. Tapi, berbeda dengan beberapa artis lainnya seperti Justin Bieber dan Liam Payne. Untuk menyelesaikannya mereka memutuskan untuk membatalkan konser bahkan hiatus dari grupnya. Mereka sadar bahwa pemulihan kesehatan mereka lebih penting daripada melanjutkan konser dan memiliki beban yang tak terselesaikan.

Guys, saat kamu berhadapan dengan masalah jangan sampai kamu menghadapinya sendirian. Sharing itu penting. Setidaknya kamu bisa mengurangi sedikit bebanmu dan mendapatkan kelegaan. Jika tidak, ini masalah-masalah yang akan terjadi.

 

Psikosomatis

Source: planoinformativo.com

Psikosomatis adalah sebuah gangguan yang muncul pada tubuh kamu akibat stres dan kecemasan. Psikosomatis terdiri dari kata pikiran (psyche) dan tubuh (soma). Jadi, ketika pikiran dan mental kamu yang sedang nggak sehat terus dibiarkan, hal tersebut bisa menjadi faktor utama penurunan kondisi fisik kamu. Akibat meningkatnya aktivitas impuls saraf dari otak ke berbagai bagian tubuh, penyakit seperti eksim, hipertensi atau tekanan darah tinggi, radang perut, penyakit jantung, dan masih banyak lagi bisa terjadi pada tubuhmu.

 

Menjadi sumber masalah

Source: zoom-comics.com

Akibat beban yang ditanggung sendiri, orang dengan gangguan mental kerap menjadi sumber masalah untuk orang sekitarnya. Mereka bisa saja melakukan tindakan-tindakan yang kurang menyenangkan. Yang paling sering terjadi adalah rasa sensitif yang berlebihan yang akhirnya membuat mereka gampang marah dan berpikir negatif pada sekitarnya.

 

Melakukan hal ekstrem

Source: carfromjapan.com

Ketika kamu mengalami gangguan mental, kamu jauh dari yang namanya akal sehat. Gimana mau punya akal sehat, jelas-jelas mental kamu sedang terganggu. Kamu jadi cenderung nggak bisa mengontrol apapun yang kamu lakukan. Bahkan, bisa-bisa kamu melakukan hal yang nekat. Mulai dari melampiaskannya dengan ngebut di jalan hingga yang paling parah adalah bunuh diri.

Nggak mau kan hal-hal buruk ini terjadi pada kamu? Jadi, jaga terus kesehatan mental kamu. Mulailah mengatasi setiap masalah dengan berdoa untuk menenangkan diri dan berbagi cerita pada mentor atau sahabat kamu.

Cover: continentalhospitals.com

 

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *