Selagi Kuliah Pastikan Kamu Nggak Menyia-Nyiakan 7 Hal Ini. Jangan Sampai Menyesal Nantinya!

Please log in or register to like posts.
News

Menjalani masa perkuliahan nggak berarti kamu hanya belajar dan belajar. Perjalanan yang satu ini harus kamu nikmati selagi kamu muda. Meraih mimpi menjadi seorang sarjana sambil memaksimalkan kapasitas dalam diri kamu.

Ada 7 hal yang harus kamu perhatikan dan kamu lakukan selama ada di waktu ini. Ingat, waktu nggak pernah berputar kembali dan hal-hal ini akan mendukung masa depan kamu nantinya.

Waktu

Source: mystudycorner.net

Saat memasuki jenjang perkuliahan, jangan berpikir bahwa ini masih permulaan jadi kamu bisa santai-santai. Mulailah dengan semangat! Biasakan dirimu untuk tidak datang terlambat. Sebab, tak jarang lho mahasiswa yang tidak lulus kuliah karena kesempatan absennya sudah habis akibat selalu datang terlambat. Sayang, kan? 


Networking

Source: marketingdonut.co.uk

Bisa mencicipi dunia perkuliahan berarti membuka kesempatan untuk kamu bertemu dengan teman-teman dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, bahkan dunia. Manfaatkan untuk membangun relasi yang baik dengan mereka. Kamu nggak akan pernah tahu siapa yang bisa menolong kamu suatu saat nanti. Dengan menjalin networking yang baik dengan mereka, kamu membuka kesempatan hingga ke masa depan, lho.

Terlibat dalam unit kegiatan

Source: nba.com

Daftarkan diri kamu ke salah satu unit kegiatan yang paling kamu suka. Bisa di bidang pendidikan, olahraga, atau seni. Tak perlu ikut sampai tiga atau empat unit kegiatan. Ingat, kamu harus membagi waktu kamu untuk belajar dan juga mengerjakan tugas-tugas. Di sini kamu bisa melatih soft skill kamu secara gratis. So, why not?


Kerja sama

Source: sandler.com

Mengeluh saat dosen meminta kamu mengerjakan tugas kelompok bukan hal yang baik, lho. Justru harusnya kamu bersyukur ketika kamu dapat mengerjakannya secara bersama-sama. Di sini kamu bisa belajar bagaimana bekerja bersama-sama dan nggak hanya mendapatkan hasil yang instan. Ya, walaupun pasti ada saja teman yang malas atau maunya terima jadi. Ini bisa jadi pengalaman kamu juga untuk menghadapi teman dengan tipikal seperti ini di kemudian hari.

Kerja sambil kuliah

Source: careers.ucr.edu

Mungkin kamu bukan orang yang kekurangan uang jajan, tapi bisa bekerja sambil kuliah dapat membentuk karakter kamu. Kamu nggak lagi menjadi anak kuliahan yang manja dan kamu bisa sedikit lebih dulu mencicipi dunia pekerjaan. Menjadi asisten dosen atau asisten lab, ini juga bisa dihitung pekerjaan kok.


Public speaking

Source: theamericangenius.com

Melakukan presentasi di kelas adalah bagian dari pelajaran public speaking. Jadi, manfaatkan kesempatan ini. Pastikan kamu bisa bicara dengan tepat dan memanfaatkan kesempatan yang bisa kamu pakai secara cuma-cuma ini.

Menabung

Source: financialfreedominsider.com

Walaupun sedikit, mulailah untuk menabung sejak kamu masuk kuliah. Hal ini tanpa sadar akan menjadi kebiasaan kamu nantinya. Selain bisa menolong kamu waktu uang bulanan lagi sekarat, dengan adanya tabungan dalam keadaan emergency pun kamu nggak akan banyak bergantung pada orangtua lagi.

Yuk, coba menjalankan ketujuh hal ini. Kamu pasti jadi lebih bersemangat menjalani hari-hari di kampusmu.

Cover: theodysseyonline.com

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *