Tahu Nggak Sih, Pengguna Instagram Dikatakan Lebih Nggak Bahagia Dibandingkan Pengguna Facetime. Ini Penelitiannya!

Please log in or register to like posts.
News

Generasi milenial nampaknya memang nggak bisa lepas dari gadget dan internet. Salah satu yang menyebabkannya adalah beragam aplikasi media sosial yang seakan menyerap perhatian para remaja dan menimbulkan rasa nggak ingin ketinggalan atau fear of missing out (FOMO).

Source: BBC.com

Dalam sebuah penelitian di tahun 2017 yang dilakukan oleh Royal Society for Public Health, Inggris, pada sekumpulan anak muda di Inggris (14-24 tahun) ditemukan bahwa diantara Facebook, Twitter, Snapchat, dan Instagram, pengguna Instagram adalah orang yang lebih tidak bahagia dibandingkan yang lainnya.

Kok bisa? Menurut data yang diambil dari Moment, 37% pengguna yang menggunakan Instagram selama 30 menit dalam satu hari merasa lebih bahagia  dibandingkan 63% lainnya yang menggunakan Instagram selama satu jam per hari. Mereka bahkan ditemukan lebih sedih saat menggunakan Instagram dibandingkan aplikasi lainnya.

Source: Safari Books Online

 

Sebaliknya, pengguna aplikasi seperti Facetime dan telepon didapatkan lebih bahagia. Keduanya merupakan aplikasi yang membuat penggunanya dapat melakukan percakapan secara langsung. Yup, percakapan secara langsung dapat membuat kita sebagai pengguna aplikasi bisa mengekspresikan apa yang ada di dalam hati kita. Sehingga, kita pun bisa merasa lebih bahagia.

Jadi, berapa banyak waktu yang kamu gunakan untuk melihat media sosial di gadgetmu dapat memengaruhi kebahagiaanmu juga, lho.

(ERN)

Source: Times Higher Education

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *