Waspada Dengan Penggunaan Earbud! Jaga Telinga Kamu Tetap Sehat, Ketahui Fakta Ini

Please log in or register to like posts.
News

Kamu yang terbiasa mendengarkan musik pasti sangat tergantung dengan alat yang satu ini. Yup, earbud atau headset. Alat ini rasanya nggak boleh jauh-jauh dari kamu apalagi waktu kamu harus berkendara dalam jarak jauh. Supaya nggak ngantuk atau bosan di jalan, kamu bahkan rela memasang musiknya dengan volume yang keras.

Tahukah kamu kalau gendang telinga bisa jadi cepat rusak karenanya? Seperti dikutip dari cosmopolitan.com, ada penelitian yang baru saja diterbitkan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) yang mengungkapkan bahwa 1 dari 5 orang Amerika berusia 20-29 tahun telah mengalami kerusakan pendengaran. Sedangkan menurut World Health Organization, 1,1 miliar anak muda di seluruh dunia berisiko mengalami gangguan pendengaran. Bisa kamu bayangkan betapa menyeramkannya bukan?

 

Source: giphy

Dokter Yulia Carroll, MD, seorang petugas medis senior di National Center for Environmental Health di CDC, mengatakan bahwa faktanya setiap manusia dilahirkan dengan 16 ribu sel rambut di tiap telinga bagian dalam. Sel rambut ini yang membantu mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik bagi otak. “Sel rambut ini ibarat rumput dan suara ibarat manusia. Sel rambut akan membengkok ketika Anda injak, namun kembali tegak. Tapi kalau Anda injak terus menerus maka mereka bisa hancur dan sel-sel rambut yang rusak tidak akan beregenerasi.”

Tapi dibandingkan headset, earbud lebih berisiko merusak gendang telinga kamu karena suara yang dihasilkan langsung tertuju pada gendang telinga. Selain itu, 40 persen anak muda (12-35 tahun) hampir selalu terpapar kebisingan yang berbahaya, seperti waktu di konser, acara olahraga, dan bahkan di kelas olahraga.

Source: highsnobiety.com

Penelitian lain menunjukkan bahwa beberapa kelas olahraga menyetel suara musik mencapai 94 dB, lebih tinggi dari batas bising yang disarankan, yaitu sekitar 85 dB. Jadi, mulailah kurangi durasi dan juga volume musik yang kamu pasang dari sekarang.

Cover: gizmodo.com.au

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *